Efektivitas Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kepercayaan Diri dan Harga Diri Pada Remaja Panti Asuhan

Kristiana Haryanti, Eugenius Tintus Reinaldi, Widawati Hapsari, Priscilla Lasty Fera, Sunu Putri Pambajeng Wijiasih

Abstract


Latar Belakang Remaja yang tinggal di panti asuhan memiliki karakteristik yang berbeda dengan remaja yang tinggal bersama orang tuanya. Mereka mengalami banyak kendala fisik dan psikologis yang harus dihadapi. Situasi panti asuhan pasti memiliki suasana dan lingkungan yang berbeda dan hal ini membutuhkan perhatian, karena jika terjadi hambatan komunikasi maka akan berakibat pada kesulitan dalam menyesuaikan diri.

Tujuan Penelitian Dalam penelitian ini, peneliti memberikan pelatihan komunikasi interpersonal untuk melihat efektivitas pelatihan ini terhadap kepercayaan diri dan harga diri

Metode Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen one group pretesr posttest design.  Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 18 orang siswa SMK di Panti Asuhan X. Hipotesis penerlitian ini ada dua yaitu 1) ada pengaruh pelatihan komunikasi interpersonal terhadap kepercayaan diri dan 2) ada pengaruh pelatihan komunikasi interpersonal terhadap harga diri. Untuk menguji hipotesis dilakukan uji analisis Wilcoxson Signed Rank Test.

Hasil Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pelatihan komunikasi interpersonal yang signifikan terhadap kepercayaan diri yang berarti pelatihan dari pelatihan ini terbukti efektif menngkatkan kepercayaan diri. Hasil jug amenunjukkan ada Pengaruh pelatihan komunikasi interpersonal yang signifikan terhadap harga diri. Artinya, pelatihan komunikasi interpersonal ini juga terbukti efektif meningkatkan harga diri. Penelitian ini juga melakukan evalasi pelatihan dan follow up action plan yang akan dilaporakan dalam diskusi hasil penelitian.

Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan komunikasi interpersonal berpengaruh meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri. Pelatihan komunikasi interpersonal ini terbukti efektif untuk menigkatkan kepercayaan diri dan harga diri pada remaja panti asuhan.


Keywords


pelatihan komunikasi interpersonal, kepercayaan diri, harga diri

References


Afandi, T. (2017, Mei 22). Bonus Demografi 2030-2040: Strategi Indonesia Terkait Ketenagakerjaan Dan Pendidikan. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

Adiguna, N. A. (2016). Hubungan Antara Harga Diri Dan Keterbukaan Diri Pada Mahasiswa Perantauan. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Diambil dari http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13132

Ahmad, J., Amat, M. A. C., Yahaya, S. N., Yusof, R., & Alias, S. R. (2011). The construction, validity, reliability and effectiveness of drug rehabilitation module on self concept female addicts and motivation achievement of male addicts in Malaysia. International Journal of Hummanities and Social Sciences, 1(10), p. 217-228

Anindyajati, M., & Karima, C. M. (2004). Peran Harga Diri Terhadap Asertivitas Remaja Penyalahguna Narkoba (Penelitian Pada Remaja Penyalahguna Narkoba di Tempat-Tempat Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba). Jurnal Psikologi, 2(1), 49–73. Diambil dari https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4952-MaharsiAnindyajati,CitraMelisaKarima.pdf

Bagaswuri, E. M., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dengan Harga Diri Siswa Kelas Xii Sman 1 Semarang. Empati, 7(2), 361–367. Diambil dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/viewFile/21708/20077

Baron, R. A., & Bryne, D. (2004). Psikologi Sosial: Jilid 1. (W. C. Kristiaji & R. Medya, Ed.) (10 ed.). Jakarta: Erlangga

DeVito, J. A. (2016). The interpersonal communication book. (K. Fleming, Ed.) (14 ed.). London: Pearson. Diambil dari http://93.174.95.29/main/2236000/de780f1dfecdb8e3149e6dcda0b0358d/DeVito%2C Joseph A. - The interpersonal communication book-Pearson %282016%29.pdf

Dewanti, A. R., Yusmansyah, & Widiastuti, R. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dalam Berkomunikasi Dengan Komunikasi Interpersonal. Jurnal Bimbingan Konseling (ALIBKIN); Vol 3. No 1

Feist, J., & Feist, G. (2008). Theories of personality (7th edition). USA: McGraw-Hill

Gamble, T. K., & Gamble, M. (2014). Interpersonal communication : building connections together. Thousand Oaks (Calif.): Sage. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=ecogAQAAQBAJ&printsec=copyright&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), p. 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Henggaryadi, G. (2012). Hubungan antara body image dengan harga diri pada remaja pria yang mengikuti latihan fitness/kebugaran. Jurnal Universitas Gunadarma, 00, p. 1–23. Diambil dari https://oldsite.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/psychology/2009/Artikel_10504063.pdf

Hidayat, T., & Istiadah, N. (2011). Panduan Lengkap Menguasai SPSS 19 untuk Mengolah Data Statistik Penelitian. (J. Setyaji, Ed.) (Cet. 1). Jakarta: MediaKita. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=j0KZjkxjRXMC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Joshi, A., Kale, S., Chandel, S., & Pal, D. (2015). Likert Scale: Explored and Explained. British Journal of Applied Science & Technology, 7(4), p. 396–403. https://doi.org/10.9734/bjast/2015/14975

Marczyk, G. R., DeMatteo, D., & Festinger, D. (2005). Essentials of Research Design and Methodology (Essentials of behavioral science series). (A. S. Kaufman & N. L. Kaufman, Ed.) (1 ed.). Hoboken, N.J: John Wiley & Sons Inc. Diambil dari http://93.174.95.29/main/57000/91f71317d0763cc57ccdbe5fa0869396/%28Essentials of behavioral science series%29 Geoffrey R. Marczyk%2C David DeMatteo%2C David Festinger - Essentials of Research Design and Methodology-John Wiley %26 Sons %282005%29.pdf

Marwati, E., Prihartanti, N., & Hertinjung, W. S. (2016). Pelatihan Berpikir Optimis Untuk Meningkatkan Harga Diri Pada Remaja Di Panti Asuhan. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 23. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.1790

Mazaya, K. N., & Supradewi, R. (2011). Konsep diri dan kebermaknaan hidup pada remaja di panti asuhan. Proyeksi, 6(2), p. 103–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/p.6.2.103-112

Mirhan, J. B. K. J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1), p. 86–96

Monnalisza, & Neviyarni. (2018). Kepercayaan diri remaja panti asuhan Aisyiyah dan implikasinya terhadap layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3

Ningrum, N. (2012). Hubungan Antara Coping Strategy Dengan Kenakalan Pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi Tabularasa, 7(1), p. 481–489. Diambil dari http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/201/72

Pahlawani, N., & Yuwono, S. (2010). Dinamika Psikologis Harga Diri Pada Waria. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 12(2), p. 161–168. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/indigenous.v0i0.4755

Pratidina, G. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja. Skripsi. Semarang: Univesitas Diponegoro

Purnomo, D., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Sman 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p055

Sari, R. P., Rejeki, T., & Mujab, A. (2006). Pengungkapan Diri Mahasiswa Tahun Pertama Universitas Diponegoro Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Harga Diri. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(2), p. 11–25. https://doi.org/10.14710/jpu.3.2.11 - 25

Sarinah, & Aziz, A. (2010). Hubungan Komunikasi Interpersonal Dan Komitmn Terhadap Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Pt. Perkebunan Nusantara III (Persero). Jurnal Analitika, 2, p. 82–94

Savitri, V., & Hartati, E. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Harga Diri pada Tunanetra Dewasa Mantan Awas di Kota Semarang. Holistic Nursing and Health Science, 1(2), p. 109. https://doi.org/10.14710/hnhs.1.2.2018.109-115

Suaebah, S. (2018). “Komunikasi Keluarga Harmonis” (Studi Kasus Komunikasi Interpersonal Keluarga Bapak Mugiyatno Dan Ibu Surati Juara Keluarga Harmonis Tingkat D.I.Y Tahun 2013). Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Diambil dari http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/22705/12%29.NASKAH PUBLIKASI.pdf?sequence=12&isAllowed=y

Syam, A. (2017). Pengaruh Kepercayaan diri ( Self confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pengetahuan Universitas Muhammadiyah Pare-Pare ). Jurnal Biotek, 5, p. 87–102. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/viewFile/3448/3243

Thyer, B. A. (2012). Pre-Experimental Research Designs. In Quasi-Experimental Research Designs. p. 29–76. Oxford: Oxford Univ. Press. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195387384.003.0002

Utomo, D., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Sman 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), p. 55–59. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p055

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran (S. Z. Atijah (ed.); edisi ketujuh). Pustaka Pelajar

Wulandari, F. (2019, Juli 15). Pembangunan SDM, Jokowi: Ini Kunci Indonesia Ke Depan. Retrieved Oktober 3, 2019, from Tribunnews: https://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2019/07/15/pembangunan-sdm-jokowi-ini-kunci-indonesia-ke-depan

Zvolensky, M. J., Bonn-Miller, M. O., Feldner, M. T., Leen-Feldner, E., McLeish, A. C., & Gregor, K. (2006). Anxiety sensitivity: Concurrent associations with negative affect smoking motives and abstinence self-confidence among young adult smokers. Addictive Behaviors, 31(3), p. 429–439. https://doi.org/10.1016/j.addbeh.2005.05.027




DOI: https://doi.org/10.24167/vit.v1i1.2969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN : 2085-7683 | View My Stats