PEMBELAJARAN KESADARAN FONEMIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS SATU SEKOLAH DASAR

Septiana Dwi Retnaningrum, Emiliana Primastuti, Cicilia Tanti Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran kesadaran fonemik dengan menggunakan metode struktural analisis sintesis (SAS) terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas satu sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen One Group Pretest Posttest Design, dengan subyek penelitian sebanyak 7 orang siswa kelas satu sekolah dasar yang belum bisa membaca permulaan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca permulaan yang terdiri dari soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh nilai Z = -2,371 dengan p < 0,018 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca permulaan sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran kesadaran fonemik dengan menggunakan metode SAS. Kemampuan membaca permulaan sesudah pembelajaran lebih baik daripada sebelum pembelajaran (Mean Pretest = 10,14 menjadi Mean Posttest = 25,86). Hasil ini menunjukkan hipotesis penelitian yang diajukan diterima.


Save to Mendeley



Keywords


kemampuan membaca permulaan, metode struktural analisis sintesis (SAS)

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M., (1999), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta, Penerbit PT Rineka Cipta.

Baso, S. A. A., Efendi, dan Barasandji, S., (2014), Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas II SDN Pinotu, Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol. 2, No. 1.

Caroll, J. M., Snowling, M. J., Hulme, C. Dan Stevenson, J., (2003), The Developmental of Phonological Awareness In Preeshool Children, Journal Developmental Psychology, Vol. 29, No. 5, h. 913-923.

Dalman, (2013), Ketrampilan Membaca, Jakarta, Penerbit PT Rajagrafindo Persada.

Lerkkanen, M. K., Puttonen, H. R., Aunola, K. dan Nurmi, J. E., (2004), Developmental Dynamic of Phonemic Awareness and Reading Performance During The First Year Of Primary School, Journal Of Early Childhood Research, Vol. 2, No. 2, h. 139- 156.

Mahmud, M. D., (1990), Psikologi Suatu Pengantar, Yogyakarta, Penerbit Bpfe- Yogyakarta.

Mawai, T., Kartono, Halidjah, S., (2014), Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik di Kelas I Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 5.

Paramadhyalan, P., Kannan, A. Dan Thiruvalluvan, V., (2009), Psycholinguistic Aided Phonics Teaching to Dysphonetic Dyslexics, MJAL, Vol. 1, No. 5.

Parwanto, (2005), Efektifitas Bimbingan Kesadaran Fonemik Dengan Metode Analisis Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita, (Tesis tidak diterbitkan), Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.

Setyani, W., Suhartono, dan Suyanto, I., (2012), Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Peningkatan Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar, Jurnal, Vol. 1, No.1. Kebumen: Universitas Sebelas Maret.

Somadayo, S., (2011), Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca, Yogyakarta, Penerbit Graha Ilmu.

Stuart, M., (1999), Getting Ready For Reading: Early Phoneme Awareness and Phonics Teaching Improves Reading and Spelling In Inner-City Second Language Learners, British Journal of Educational Psychology, Vol. 69, h. 587-605.

Suryabrata, S., (1998), Psikologi Pendidikan, Jakarta, Penerbit Raja Grafindo Persada.

Windiarini, Y. E., (2009), Neurological Impress Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelas 1 Sekolah Dasar, (Tesis tidak diterbitkan), Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


www.reliablecounter.com