ANALISIS PENGARUH ILUSTRASI PADA KEMASAN “KEMRIPIK” TERHADAP MINAT BELI ALUMNI SMA PL SERVASIUS BEKASI
Abstract
Tujuan utama penelitian adalah untuk membuktikan mengenai apakah anak muda di Bekasi yang diwakilkan oleh alumni SMA Pangudi Luhur Servasius angkatan 16 tertarik dan memiliki minat beli terhadap produk “Kemripik” jika ditinjau dari visual ilustrasi kemasan “ Kemripik”. Penelitan ini berpegang pada beberapa landasan teori, yaitu definisi kemasan, desain kemasan, ilustrasi, ilustrasi sebagai strategi pembentuk Bahasa visual dan minat beli konsumen. Metode penelitian terbagi menjadi dua yaitu metode primer dan sekunder. Pada metode primer menggunakan cara pegumpulan data secara kuantitatif melalui kuisioner. Sedangkan metode sekunder menggunakan beberapa literature, blog, dan hipotesa sementara mengenai kemasan produk. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa ilustrasi pada kemasan dapat mempengaruhi minat beli konsumen, tetapi ilustrasi bukan lah hal satu-satunya yang paling mempengaruhi, tetapi ada beberapa foktor visual lain yang membuat minat beli pada produk, salah satunya adalah warna yang digunakan pada kemasan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Angelina Diah Kusumasari dan Supriono, (2017), “Pengaruh desain kemasan produk dan daya tarik iklan terhadap brand awareness serta dampaknya pada keputusan pembelian Wardah Exclusive Matte Lip Cream”, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 49 No. 2 Agustus 2017).
Klimchuk, Marianne dan Sandra A. Krasovec. 2006. Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Novena Ulita dan Agus Budi Setyawan, (2016), “Strategi Ilustrasi Sebagai Bahasa Visual Pada Kemasan Bedak Lawas”, Jurnal Dimesi DKV, Vol 1, No 2 (2016)
ultimagz.com/review/gibran-dan-kaesang-luncurkan-camilan-kemripik-bagaimana-rasanya/
http://blog.alfacart.com/kemripik-kaesang-review-terbaru/
DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v3i2.3114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats