Efektivitas Metode Brain Gym dalam Menurunkan Tingkat Stres Mahasiswa yang Menghadapi Pembelajaran Daring

Andi Cahyadi, Robik Anwar Dani, Marcella Mariska Aryono

Abstract


Stres dapat hal-hal yang terkait dengan akademik, khususnya ketika menghadapi pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan melihat efektivitas metode brain gym dalam menurunkan stres pada mahasiswa yang menghadapi pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan one group pre-test and post-test design tanpa menggunakan kelompok kontrol. Perlakuan diberikan sebanyak lima sesi dalam dua minggu, dan masing-masing sesi diberikan jeda satu hari sebelum pelaksanaan sesi berikutnya. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah 10 mahasiswa yang kuliah di Madiun, dan memiliki tingkat stres yang tergolong dalam kategori tinggi. Hasil ini didapat melalui pre-test dengan menggunakan skala DASS-II. Setelah treatment selesai, maka akan dilakukan pengukuran ulang (post-test) dengan menggunakan alat ukur yang sama. Analisis menggunakan wilcoxon signed rank test menunjukkan perbedaan yang signifikan (p< 0,05). Dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima, yaitu terdapat perbedaan tingkat stres pada mahasiswa sebelum dan setelah diberikan metode brain gym.


Keywords


Stres; Pembelajaran Daring; Brain gym



DOI: https://doi.org/10.24167/psidim.v21i2.4243

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.