PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI KEBUTUHAN HIDUP SEHARI-HARI DITINJAU DARI GAYA HIDUP VALUE MINDED PADA MAHASISWA KOST UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA DI SEMARANG

Christina Angelina Niken, Lucia Trisni Widianingtanti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara gaya hidup value mindeddengan pengambilan keputusan membeli barang kebutuhan hidup sehari-hari pada mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata yang tinggal secara kost di Semarang. Hipotesanya adalah ada hubungan antara gaya hidup value minded dengan pengambilan keputusan membeli kebutuhan hidup sehari-hari pada mahasiswa kost. Subyek penelitian adalah mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata jenjang S1 yang tinggal secara kost (harga kost < Rp 500.000,-) di Semarang, berusia 18-22 tahun, belum menikah, dan uang bulanan yang diterima dari orang tua rata-rata ? Rp 2.000.000,- per bulan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisa datanya menggunakan korelasi Product Moment dari Pearson.Subyek penelitian berjumlah 61 orang.Alat ukur menggunakan skala Gaya Hidup Value Minded dan skala Pengambilan Keputusan Membeli Kebutuhan Hidup Sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara gaya hidup value minded dengan pengambilan keputusan membeli kebutuhan hidup sehari-hari (rxy=0,276, p<0,05). Artinya semakin seorang mahasiswa kost menganut gaya hidup value minded, maka pengambilan keputusan membeli kebutuhan hidup sehari-harinya mengarah ke tipe diperluas (extended). Hasil penelitian tambahan menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan dalam pengambilan keputusan membeli kebutuhan hidup sehari-hari (t =0,225, p>0,05

Keywords


pengambilan keputusan membeli, gaya hidup, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Engel, JF., Blackwell, RD., dan Miniard, PW. 1994. Perilaku Konsumen Jilid 1 (Edisi Keenam). Alih bahasa: Drs. F.X. Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara

Fibrianti, ID. 2009. Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Diponegoro. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro

Ginting, EDJ. dan Sianturi, BO. 2005. Pengambilan Keputusan Membeli Ditinjau dari Gaya Hidup Value Minded. Jurnal Psikologia. Medan: Progdi Psikologi, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Vol. 1 No. 1 (hal. 23-30)

Hasibuan, EPN. 2010. Hubungan Antara Gaya Hidup Brand Minded dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif pada Remaja Puteri Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara

Hawkins, DI.,Best, RJ., dan Coney, KA. 1998. Consumer Behavior: Building Marketing Strategy(7thed).USA: McGraw-Hill Companies, Inc.

Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika

Kasali, R. 1998. Membidik Pasar Indonesia: Segmenting, Targeting, Positioning. Jakarta: Gramedia

Knapp, DE. 2001. The Brand Mindset.Terjemahan Sisnuhadi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Bumi Aksara

Loudon, DL., dan Della Bitta, AJ. 1988. Consumer Behavior: Concept and Applications (3thed). Singapore: McGraw-Hill, Inc.

Munandar, AS. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press)

Prasetijo, R., dan Ihalauw, JJOI. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi

Purnastuti, L., dan Mustikawati, RRI. 2007. Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Grasindo

Santrock, JW. 2002. Life Span Development Perkembangan Masa Hidup Jilid 2 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga

Schiffman, LG., dan Kanuk, LL. 2004. Consumer Behavior (8thed). New Jersey: Pearson Education Inc., Upper Saddle River, Prentice- Hall, Inc. Solomon, MR. 2002. Customer Behavior: Buying, Having and Being(5thed). New Jersey: Pearson Education Inc., Upper Saddle River, Prentice-Hall, Inc.

Supranto, J., dan Limakrisna. 2007. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media

Sutisna.2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

http://id.wikipedia.org/wiki/Indekost (On-line, diakses 30 Januari 2013, pukul 08.45 WIB)




DOI: https://doi.org/10.24167/psiko.v13i1.275

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.