Locus of Control dan Resiliensi Akademik: Dinamika pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi

Ageta Nestri Gondhowati, Rr. Siti Suminarti Fasikhah, Ahmad Sulaiman

Abstract


Locus of control merupakan keyakinan individu tentang sejauh faktor internal dan eksternal memengaruhi proses mereka mengerjakan skripsi, dan resiliensi akademik adalah kemampuan mahasiswa untuk bertahan, bangkit, saat dihadapkan dengan tantangan dan kesulitan saat mengerjakan skripsi. Fenomena kegagalan mahasiswa mengelola emosi dan stres ketika menghadapi hambatan saat mengerjakan skripsi dapat memengaruhi tingkat resiliensi mahasiswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap bagaimana dinamika locus of control dengan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Peneliti menggunakan teknik simple random sampling untuk memilih subjek penelitian dan mendapat 300 mahasiswa yang menjadi subjek penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji korelasi ditemukan terdapat hubungan positif yang signifikan antara locus of control dan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi (r= 0,450; p< 0,001). Analisis regresi linier sederhana juga menunjukkan locus of controlmemprediksi resiliensi akademik pada mahasiswa (r²= 0,202; t= 8,693; p< 0,001).

Locus of control merupakan keyakinan individu tentang sejauh faktor internal dan eksternal memengaruhi proses mereka mengerjakan skripsi, dan resiliensi akademik adalah kemampuan mahasiswa untuk bertahan, bangkit, saat dihadapkan dengan tantangan dan kesulitan saat mengerjakan skripsi. Fenomena kegagalan mahasiswa mengelola emosi dan stres ketika menghadapi hambatan saat mengerjakan skripsi dapat memengaruhi tingkat resiliensi mahasiswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap bagaimana dinamika locus of control dengan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Peneliti menggunakan teknik simple random sampling untuk memilih subjek penelitian dan mendapat 300 mahasiswa yang menjadi subjek penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji korelasi ditemukan terdapat hubungan positif yang signifikan antara locus of control dan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi (r= 0,450; p< 0,001). Analisis regresi linier sederhana juga menunjukkan locus of control memprediksi resiliensi akademik pada mahasiswa (r²= 0,202; t= 8,693; p< 0,001).


Keywords


Lokus kendali; mahasiswa skripsi; resiliensi akademik

References


Abdullah, M. R. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.

Alifah, I., Hanoum, M., & Purwantini, L. (2022). Stress akademik dan optimisme terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Soul: Jurnal Ilmiah Psikologi,

(2), 29–40.

Aminudin, M. (2024, January 9). Motif mahasiswa malang bunuh diri gegara depresi skripsi tak selesai [Broadcast]. Detik Jawa Timur.

Annisania, V., & Nursanti, A. (2023). Student Engagement Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 23(3), 278–287.

https://doi.org/10.17509/jpp.v23i3.63192

Amoadu, M., Agormedah, E. K., Obeng, P., Srem-Sai, M., Hagan, J. E., Jr., & Schack, T. (2024). Gender differences in academic resilience and well-being among senior high school students in Ghana: A cross-sectional analysis. Children, 11(5), 512. https://doi.org/10.3390/children11050512

Arsini, Y., Ahman, & Rusmana, N. (2023). The role of locus of control and academic resilience in student academic achievement. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(3), 396–412. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.3.24

Ashari, S., & Warsito, H. (2022). Pengaruh resiliensi dan internal locus of control terhadap academic self-efficacy mahasiswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Unesa, 12(2).

Ayala, J. C., & Manzano, G. (2018). Academic performance of first-year university students: the influence of resilience and engagement. Higher Education Research and Development, 37(7), 1321–1335. https://doi.org/10.1080/07294360.2018.1502258

Carver, C. S., Segerstrom, S., & Scheier, M. F. (2010). Optimism. Journal Clinical Psychology, 30(1), 879–889.

Cassidy, S. (2016). The academic resilience scale (ARS-30): A new multidimensional construct measure. Frontiers in Psychology, 7(11). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787

Cassidy, S. (2023). A large-scale multicentre study of academic resilience and well-being across student populations. BMC Psychology, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s40359-023-01116-0

Darmilisani. (2021). Analisis engaruh locus of control internal dan eksternal terhadap kepuasan kerja pada kantor direksi PT Socfin Indonesia Medan. Journal of Community Service and Research, 5(2), 122–136.

Fadillah, H. N., & Abdurrohim. (2019). Hubungan antara internal locus of control dengan stres pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unissula yang sedang mengerjakan skripsi. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU).

Glover, P. (2023, November 28). Yes, luck is a skill set: How to develop it. Forbes.

Habeeb, K. A. (2010). Prevalence of stressors among female medical students Taibah University. Journal of Taibah University Medical Sciences, 5(2), 110–119.

Haight, K. R. (2016). Effects of priming the concept of luck on task persistence. 1–34. https://scholarworks.umt.edu/utpp/92

Hajmohammadi, E., & Aghayani, B. (2022). A study on motivation and locus of control among male and female EFL learners 1. Mextesol Journal, 46(2), 1.

Hariaty, Elita, V., & Dilaluri, A. (2023). Gambaran stress pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Keperawatan Profesional (JKP)1, 11.

Hasmi, D. N., Gismin, S. S., & Aditya, A. M. (2023). Pengaruh self-esteem terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa kerja skripsi di kota makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 3(2), 464–468. https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.2688

Houston, D. M. (2016). Revisiting the relationship between attributional style and academic performance. Journal of Applied Social Psychology, 46(3), 192–200.

https://doi.org/10.1111/jasp.12356

IDNTimes. (2024). Survey mahasiswa yang sedang skripsian: kesulitan mahasiswa dalam menyusun skripsi, sampai manipulasi data! IDNTimes. https://www.idntimes.com/life/education/jeremia-agung-ananta/kesulitan-mahasiswa-dalam-menyusun-skripsi

Johnson, J., Panagioti, M., Bass, J., Ramsey, L., & Harrison, R. (2017). Resilience to emotional distress in response to failure, error or mistakes: A systematic review. Clinical Psychology Review, 52, 19–42. https://doi.org/10.1016/j.cpr.2016.11.007

Kiprono, J. (2015). Relationship between locus of control and conflict resolution among secondary school students in eldoret east district, kenya. Research on Humanities and Social Sciences Journal, 5(17), 2225–0484.

Kumalasari, D., Grasiaswati, N., & Luthfiyanni, N. A. (2020). Analisis faktor adaptasi instrumen resiliensi akademik versi indonesia: pendekatan eksploratori dan konfirmatori. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 9(2), 84–95. https://doi.org/10.21009/jppp.092.06

Kurniawati, W., & Setyaningsih, R. (2022). Manajemen stress pada mahasiswa tingkat akhir dalam penyusunan skripsi. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 8.

Leipold, B., Munz, M., & Michéle-Malkowsky, A. (2019). Coping and resilience in the transition to adulthood. Emerging Adulthood, 7(1), 12–20. https://doi.org/10.1177/2167696817752950

Levenson, H. (1981). Differentiating among internality, powerful others, and chance. In Reserach With Locus of Control: Assessment Methods, 1.

Lombardi, A., Murray, C., & Kowitt, J. (2016). Social support and academic success for college students with disabilities: Do relationship types matter? Journal of Vocational Rehabilitation, 44(1), 1–13. https://doi.org/10.3233/JVR-150776

Lough, B. J., & McFadden, A. (2023). Do founders attribute their success to skill or luck? Journal of Innovation and Entrepreneurship, 12(1). https://doi.org/10.1186/s13731-023-00313-z

Marfuatunnisa, N., & Sandjaja, M. (2023). Stres akademik pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di indonesia ditinjau dari academic help-seeking dan resiliensi akademik. Jurnal Diversita, 9(2), 218–227. https://doi.org/10.31289/diversita.v9i2.9356

Mayasari, M. P., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran komunikasi interpersonal dan problem focused coping terhadap stres mahasiswa Universitas Udayana yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Harian Regional, 88–89.

Mufidah, A. C. (2017). Hubungan antara dukungan sosial dan resiliensi dengan locus of control sebagai moderator pada mahasiswa bidikmisi. Psikodimensia, 16(2).

Norouzinia, R., Heidari, A. E., Basiri, E. A., & Ahmadi, M. (2017). The relationship between academic resilience and locus of control in students of Alborz University of medical sciences in 2017. Sadra Medical Journal, 6(7).

Noviana, R., Suzanna, E., & Muna, Z. (2023). Gambaran resiliensi akademik pada mahasiswa psikologi Universitas Malikussaleh yang sedang menyusun skripsi. INSIGHT: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(3), 446–467.

Oktaviana, A. (2013). Hubungan locus of control dan dukungan sosial dengan resiliensi pada remaja penyandang tuna rungu. Psikoborneo, 1(1), 1–5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i1.3272

Okvellia, C. T. H., & Setyandari, A. (2022). Resiliensi akademik mahasiswa tingkat akhir program studi bimbingan dan konseling tahun ajaran 2021/2022. Solution: Jurnal of Counseling and Personal Development , 4(2), 18–24.

Owie, I. (2000). Locus of control, instructional mode, and student achievement. Instructional Science, 12(2), 383–388.

Pamungkas, D. T. I., Dimala, C. P., & Minarsih, Y. (2023). Pengaruh locus of control dan resiliensi terhadap adaptabilitas karir pada dewasa awal di kabupaten karawang. Journal Of Social Science Research, 3(4), 10052–10064.

Papoulidi, A., & Maniadaki, K. (2025). The mediating role of self-efficacy in the relationship between locus of control and resilience in primary school students. European Journal of Investigation in Health, Psychology and Education, 15(7), 138. https://doi.org/10.3390/ejihpe15070138

Passela, L. H., & Yusra, Z. (2023). Kontribusi optimisme terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 10527–10537.

Pertiwi, I., Haryati, V., & Lestari, P. (2024). Hubungan mekanisme koping dengan tingkat stres mahasiswa semester akhir dalam menyusun skripsi program studi sarjana keperawatan tahun 2023 di Universitas Ichsan Satya. Jurnal Kesehatan STIKes IMC Bintaro, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.63448/mfn6md9

Phares, E. J. (1976). Locus of control in personality. Academic Press.

Pratiwi, Z. R., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan orang tua dan resiliensi akademik pada mahasiswa. Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(2), 2502–4590.

https://doi.org/10.31289/analitika.v13i1.5482

Prawitasari, T., Sugiyo, S., & Saraswati, S. (2023). The moderating role of locus of control in the effect of self-efficacy on academic resilience. Jurnal Bimbingan Konseling, 12(2), 139–145. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk

Puspita, I., Nidiah, T. P., & Contreras, J. A. M. (2024). The Influence of Self Efficacy, Social Support and Coping Stress on Academic Resilience in Students of the Faculty of Teacher Training and Education. https://doi.org/10.22437/element.v2i1.36666

Reich, J. W., Zautra, A. J., & Hall, J. S. (2012). Handbook of adult resilience. Guilford Press.

Rizkia, A., & Kusristanti, C. (2020). External locus of control and demographic data as determinant factors of trauma resilience: a study among young women who were exposed to violence. Jurnal Ilmu Perilaku, 4(2), 104–119.

Rotter, J. B. (1966). Psychological monographs: general and applied generalized expectancies for internal versus external control of reinforcement. 80(1).

https://doi.org/https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/h0092976

Saragih, G. F. B., Arneliwati, & Sabrian, F. (2024). Hubungan resiliensi akademik dengan distres psikologis pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 8(3). https://doi.org/10.52020/jkwgi.v8i3.9433

Sharma, S. (2024). Relationship between locus of control, resilience and psychological empowerment among corporate employees in the private sector. The International Journal of Indian Psychology, 12(3), 1906–1924. https://doi.org/10.25215/1203.188

Shubhy, Z. (2023, January 23). Diduga depresi, mahasiswa tewas usai loncat dari lantai 4 kamar kos. BeritaSatu; BeritaSatu. https://www.beritasatu.com/news/1021337/diduga-depresi-mahasiswa-tewas-usai-loncat-dari-lantai-4-kamar-kos

Song, J., Kim, S. Il, & Bong, M. (2020). Controllability attribution as a mediator in the effect of mindset on achievement goal adoption following failure. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02943

Sumijah. (2015). Locus of control pada masa dewasa. Seminar Psikologi & Kemanusiaan, 384–391.

Surya, A. L. J., & Armiati, A. (2023). Analisis faktor yang memengaruhi resiliensi akademik mahasiswa saat penyelesaian skripsi. Jurnal Ecogen, 6(4), 542.

https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i4.15468

Tian, L., Liu, L., & Shan, N. (2018). Parent-child relationships and resilience among Chinese adolescents: The mediating role of self-esteem. Frontiers in Psychology, 9.

https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01030

Wakhyudin, H., Dwi, A., & Putri, S. (2020). Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal WASIS, 1(1), 15–18.

Widiantoro, D., Nugroho, S., & Arief, Y. (2019). Hubungan antara dukungan sosial dari dosen dengan motivasi menyelesaikan skripsi pada mahasiswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.33367/psi.v4i1.649

Widyayanti, N., Zulfa Khairunnisa, N., & Kunci Abstrak, K. (2022). Peran locus of control internal terhadap kemampuan pemecahan masalah akademik pada mahasiswa pengurus organisasi. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora), 8, 592–601.

Wulandari, & Kumalasari, D. (2022). Resiliensi akademik pada mahasiswa: bagaimana kaitannya dengan dukungan dosen? Jurnal Psikologi Malahayati, 4(1), 19–30.

Yuliastri, D., Gismin, S. S., & Musawwir. (2023). An overview of peer social support toward thesis completion of student in Bosowa University. Jurnal Psikologi Karakter, 3(1), 65–71. https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.1766

Zailani, A., Desti, Y., Tarigan2, M. B., & Adri, Z. (2022). Konsep keberuntungan: studi indigenous masyarakat sumatra barat. Psyche: Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, 4(2), 2686–0430.




DOI: https://doi.org/10.24167/psidim.v24i2.14103

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.