Pengaruh Keaktifan Organisasi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Joan Paska Rosa Maheswari, Eugenius Tintus Reinaldi

Abstract


Dewasa ini, seseorang dituntut untuk memiliki bekal yang memadai, seperti prestasi belajar dan motivasi belajar yang tinggi dan pengalaman aktif berorganisasi untuk mampu bersaing dengan SDM (sumber daya manusia) lain. Namun, pada pengurus organisasi kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang diketahui terdapat indikasi permasalahan terkait hal-hal tersebut sehingga peneliti ingin mengetahui pengaruh dari ketiga variabel tersebut. Pengambilan sampel menggunakan teknik Quota Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang perwakilan anggota tiap organisasi kemahasiswaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Peneliti menggunakan alat ukur yang dibuat secara mandiri yang terdiri dari 38 pernyataan. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Keaktifan organisasi dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar; (2) Keaktifan organisasi tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar; dan (3) Motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan beberapa temuan baru dan unik dalam penelitian ini yang berbeda dari temuan-temuan sebelumnya.

Kata kunci: Regresi linier berganda, quota sampling, unit kegiatan mahasiswa

References


Alexandro, R., Putri, W. U., & Hariatama, F. (2022). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UPR. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 38-50. https://doi.org/10.37304/jikt.v13i1.147

Azwar, S. (1996). Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (2004). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2021). Pencari Kerja Terdaftar 2018-2021. Retrieved from https://jateng.bps.go.id/indicator/6/701/1/pencari-kerja-terdaftar.html [Diakses pada 24 Agustus 2023]

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekayani, N. L. (2017 ). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 1-11. https://www.researchgate.net/profile/Putu-

Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-BELAJAR-SISWA.pdf

Febriana, B., Amriyatun, Winanti, L., & Amelie, S. (2013). Hubungan antara Keaktifan Organisasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Konferensi Nasional PPNI Jawa Tengah (pp. 154-157). Semarang : Universitas Muhammadiyah Semarang. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/868

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irmayanti, Nuraina, E., & Styaningrum, F. (2020). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Berorganisasi terhadap Kesiapan Kerja dengan Soft Skill sebagai Variabel Intervening. Review of Accounting and Business, 55-66. https://doi.org/10.52250/reas.v1i1.335

King, L. A. (2017). Psikologi Umum : Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Kementerian Pendidikan, K. R. (2016). KKNI Sebagai Acuan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Retrieved from https://www.kopertis12.or.id/wp-content/uploads/2016/04/1.-Dasar-pengemb-kurikulum-endro.compressed.pdf [Diakses pada 23 April 2023]

Nurhab, M. I. (2022). The Influence or Reading Interest and Organizational Activity on Student Achievement. Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi, 116-126. https://doi.org/10.58290/jmbo.v1i2.28

Pratiwi, S. S. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 54-63. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Qudratullah, M. F. (2013). Analisis Regresi Terapan. Yogyakarta: ANDI.

Ratnawati, D. (2016). Hubungan Prestasi Belajar, Persepsi Dunia Kerja, dan Jiwa Kewirausahaan dengan Kesiapan Kerja Mahasiswa PTM. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12-22.

Saepuloh, D. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi terhadap Prestasi Mahasiswa di FKIP Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Jipis, 27-38. https://www.researchgate.net/profile/Dadang-Saepuloh-2/publication/329963355_PENGARUH_KEAKTIFAN_MAHASISWA_DALAM_ORGANISASI_TERHADAP_PRESTASI_MAHASISWA_DI_FKIP_UNIVERSITAS_ISLAM_SYEKH-YUSUF_TANGERANG/links/5c25e61d299bf12be39e1a67/PENGARUH-KEAKTIFAN-MAHASISWA-DALAM-ORGANISASI-TERHADAP-PRESTASI-MAHASISWA-DI-FKIP-UNIVERSITAS-ISLAM-SYEKH-YUSUF-TANGERANG.pdf

Saleh, M. (2014). Pengaruh Motivasi, Faktor Keluarga, Lingkungan Kampus, dan Aktif Berorganisasi terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Phenomenon, 109-137. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/122

Santoso, I. B. (2019). Pengaruh Keaktifan Organisasi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta Periode 2019-2020. Jurnal Ilmu Manajemen, 102-112. https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/view/34768

Simbolon, P., Mendrofa, D. S., & Zega, A. I. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di STIKes St. Elisabeth Medan. Jurnal Masohi, 1-7. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:nM87N3MjQOkJ:scholar.google.com/+stikes+medan&hl=id&as_sdt=0,5

Suryobroto, B. (2013). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Thaib, E. N. (2013). Hubungan antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 385-399.

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Vincent, V., & Kumar, M. S. (2019). Motivation: meaning, definition, nature of motivation. International Journal of Yogic, Human Movement and Sports Sciences, 483-484.

Widoyoko, E. P. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, I. G. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di STMIK STIKOM Bali. Jurnal Bakti Saraswati, 192-198.

Wulandari, R. (2011). Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester IV Program Studi D IV Kebidanan Universitas Sebelas Maret. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 45-52.




DOI: https://doi.org/10.24167/psidim.v23i2.12587

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.