ANALISA PERAN VISUAL DAN TAGLINE “ORANG PINTAR MINUM TOLAK ANGIN” DARI IKLAN TV 30 DETIK VERSI RHENALD KASALI DALAM PROSES PENERAPAN
Abstract
Jamu selama ini memiliki citra di masyarakat merupakan minuman tradisional yang bersifat kuno yang sebagian besar orang yang mengonsumsinya adalah orang – orang desa atau masyarakat bawah dan jarang orang dari kota yang mengonsumsinya. Sehingga Sido Muncul, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jamu, berupaya mengganti persepsi masyarakat. Strategi yang digunakan yaitu Integrated Marketing Communication (IMC), sebuah konsep dimana perusahaan mengkomunikasikan pesan yang sama ke berbagai macam media. Setelah menyusun tagline yang dirasa cocok dengan konsep yang diusung, langkah berikutnya kemudian memvisualkan dan disebar ke berbagai media. Untuk memunculkan kesan bahwa jamu dikonsumsi oleh orang pintar, Sido Muncul menggunakan sejumlah artis, salah satunya Rhenald Kasali, yang memang dikenal sebagai sosok yang pintar. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisa terhadap peran dari tagline dan iklan untuk mendukung strategi IMC Sido Muncul. Dengan demikian akan diketahui sejauh apa peran dari tagline dan iklan didalam IMC.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2005). Dasar-dasar Tata Rupa & Desain (Nirmana), Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
Agustrijanto. (2006). Copywriting Seni Mengasah Kreatifitas dan Memahami Bahasa Iklan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
A Shimp, Terence. (2007). Periklanan Promosi ( Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu)”. Jilid I, edisi Terjemahan, Jakarta : Erlangga.
Stockman, Steve. (2014). How to Shoot Video That Doesn’t Suck. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta
Kotler, Philip dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I, edisi ke 13, Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip – prinsip Pemasaran. Jilid I, edisi ke 13, Jakarta : Erlangga
Nurseeffi Dwi Wahyuni. (2015). https://www.liputan6.com/bisnis/read/2293 154/distributor-as-minta-maaf-karenasempat-cap-tolak-angin-berbahaya. Diakses tanggal 23 Desember 2020
Tolak Angin. (2018). https://www.youtube.com/watch?v=GOcrj_ 8kzOk. Diakses 10 September 2020
Aris Kurniawan. (2020). https://www.gurupendidikan.co.id/semiotik a/. Diakses 12 November 2020
Muhammad Sholeh. (2018). https://kirim.email/integrated-marketingcommunication/. Diakses 12 November 2020
Gamal Thabroni. (2018). https://serupa.id/teori-warna/. Diakses 12 November 2020
Editor Kapanlagi.com. (2019). https://plus.kapanlagi.com/arti-warnadalam-psikologi-coba-cari-makna-di-balikwarna-favoritmu-number-aa05f5.html. Diakses 18 November 2020
Danang Sugianto. (2018). Sido Muncul Jadi Legendaris, Irwan Hidayat: Saya Juga Heran (detik.com). Diakses 18 Maret 2021
Rinaldi Mohammad Azka. (2020). Permintaan Naik, Produsen Tolak Angin (SIDO) Raup Pendapatan Rp3,3 Triliun pada 2020 - Market Bisnis.com. Diakses 18 Maret 2021
Advertorial. 2018. Setelah 17 tahun Berselang, Rhenald Kasali Kembali Bintangi Iklan Tolak Angin Sido Muncul (kompas.com). Diakses 18 Maret 2021
DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v3i2.3168
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats