TINJAUAN DESAIN BENTUK KARAKTER SEL DARAH MERAH DALAM ANIME HATARAKU SAIBOU
Abstract
Anime Hataraku Saibou muncul pada tahun 2018 ini menarik minat doktor, dokter, siswa, dan masyarakat umum karena menjadi sebuah bentuk edukasi dan hiburan. Hal ini disebabkan Hataraku Saibou menggambarkan cara kerja badan manusia sebagai sebuah dunia kerja. Manusia yang berada di dunia Hataraku Saibou adalah sel-sel manusia yang memiliki pekerjaan tertentu sesuai fungsi mereka yang sebenarnya sebagai sel manusia.
Karakter utama dalam Hataraku Saibou adalah sel darah merah yang berfungsi sebagai pengantar oksigen ke dalam tubuh. Karater sel darah merah dengan pendekatan antropomorfisme divisualisasikan sebagai pengantar makanan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan desain untuk melihat dan mengungkap gagasan di dalam bentuk desain karakter sel darah merah. Berdasar hasil analisis, desain karakter sel darah merah diketahui bahwa identifikasi sel darah merah sebagai pengantar makanan dimunculkan dalam seragam yang digunakan karakter utama. Desain karakter utama memunculkan karakteristik pengantar makanan dalam budaya negara Jepang. Selain itu, desain karakter juga memunculkan inovasi dengan mengikuti perkembangan jaman.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adityawan S., Arief. 2010. Tinjauan Desain Grafis: Dari Revolusi Industri Hingga Indonesia Kini. Jakarta: Concept Media.
Bain, B. J. 2004. A beginner's guide to blood cells. Australia: Blackwell Publishing.
https://comicbook.com/anime/news/cells-at-work-cancer-episode-accuracy-praised-anime/, diakses pada tanggal 13 Februari 2021.
https://jmag.org/en/2018/11/08/wownippon_voice-10/, diakses pada tanggal 13 Februari 2021.
https://sites.dartmouth.edu/biomed/2020/03/27/cells-at-work/, diakses pada tanggal 13 Februari 2021.
https://www.natureworldnews.com/articles/39564/20190118/biology-anime-cells-work-gets-praise-cancer-researcher.htm, diakses pada tanggal 13 Februari 2021.
https://twincitiesgeek.com/2020/11/cells-at-work-provides-a-hilarious-and-surprisingly-accurate-review-of-the-immune-system/, diakses pada tanggal 13 Februari 2021.
Laksmidewi, (Dwinita), & Soelasih, (Yasintha). (2016). Antropomorfisme Konsumen Pada Alam Dan Pengaruhnya Pada Sikap Terhadap Program Green Cause-Related Marketing. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(1), 156014. https://doi.org/10.22441/jurnal_mix
Mattesi, Michael D. 2008. Force Character Design from Life Drawing. Oxford: Focal Press.
McCloud, Scott. 2008. Membuat Komik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sachari, A., & Sunarya, Y. Y. 2000. Pengantar Tinjauan Desain. July 2000, 159–190.
Tillman, B. 2012. Creative Character Design. In Creative Character Design (Second). CRC Press. https://doi.org/10.4324/9780240814964
Wood, M. 2019. The Potential for Anthropomorphism in Communicating Science: Inspiration from Japan. Cultures of Science, 2(1), 23–34. https://doi.org/10.1177/209660831900200103
DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v3i2.3159
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats