KAJIAN DESAIN DAN BAHAN KEMASAN MINYAK GOSOK CAP TAWON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Emilia Taruna

Abstract


Indikator produk yang sukses dipasarkan adalah bagaimana produk dapat melekat dan mempengaruhi pemikiran targetnya secara prositif sehingga target konsumen akan selalu percaya dan memakai produk tersebut. Salah satu produk Indonesia yang mengalami penurunan kesuksesan ialah Minyak Gosok Cap Tawon milik PT. Tawon Jaya Makassar. Produk tersebut merupakan produk lokal asli Indonesia yang telah diyakini atas kemanjurannya sebagai obat gosok tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh desain visual dan pemakaian bahan pada kemasan terhadap keputusan pembelian target. Jenis penelitian kualitatif deskriptif diambil untuk memperoleh informasi dari narasumber. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif, hasil diharapkan dapat mengungkapkan tujuan penelitian ini. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan dan desain kemasan pada produk Minyak Gosok Cap Tawon tidak mengalami adanya perubahan. Sehingga pemakaian produk menjadi tidak praktis dan fleksibel, membuat konsumen menjadi tidak tertarik dengan produk tersebut. Maka produk Minyak Gosok Cap Tawon ini mengalami penurunan kesuksesan pada beberapa tahun terakhir, karena masyarakat muda sekarang melihat kualitas produk dari tampilannya dahulu dibandingkan kualitasnya.


Keywords


Desain kemasan; Keputusan pembelian; Minyak Gosok Cap Tawon; PT.Tawon Jaya Makassar

References


Dhameria, Vita. (2014). Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusivitas Store Enviroment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif. Universitas Diponegoro, Semarang (14 Oktober 2020)

Mufreni, Alfin NF. (2016), PENGARUH DESAIN PRODUK, BENTUK KEMASAN DAN BAHAN KEMASAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya (3 Desember 2020)

Rahardjo, Sudjadi Tjipto. (2019), Desain Grafis Kemasan UMKM. Deepublish, Yogyakarta. ( 3 Desember 2020)

Rustan, Surianto. (2008), Layout Dasar dan Penerapannya, PT. Gramedia, Jakarta. (14 Oktober 2020)

Safanayong, Yongky. (2006), Desain Komunikasi Visual Terpadu, Arte Intermedia, Jakarta. (5 November 2020)

Sari, Ni Luh Desi I.D. (2013), Elemen Visual Kemasan Sebagai Strategi Komunikasi Produk. ISI Denpasar, Bali (14 Oktober 2020).




DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v3i2.3132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats