Analisa Visual Pada Iklan Oreo Wonderfilled

Natalia Giofanny Santoso, Ryan Sheehan Nababan

Abstract


Iklan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Oreo sebagai salah satu merek biskuit yang dijual di berbagai negara di dunia tentunya perlu mengiklankan produk mereka dengan cara yang menarik dan unik. Oleh karena itu berbeda dari iklan-iklan mereka dan juga iklan produk makanan lainnya, kali ini Oreo menggunakan langkah yang menarik yaitu dengan animasi karakter-karakter antagonis sebagai tokoh utama dalam cerita. Perlu padu-padan antara kreatifitas dan komunikatif pada iklan tersebut. Dengan penelitian ini, para pembaca diharapkan bisa mengetahui makna apa yang sebenarnya ingin Oreo tampilkan dalam iklan Oreo Wonderfilled melalui pilihan visual-visual tersebut.


Keywords


Oreo, iklan, komunikasi visual, animasi

References


Ann Fera, Rae. 2013. “Behind Oreo’s Unusual, Wonderfilled New Spot”. FAST COMPANY. https://weareroyale.com/case- studies/Oreo-wonderfilled/(23 November 2019).

Ashe, Stephanie. 2019. “13 Things You Didn’t Know About Oreo Cookies”. INSIDER. https://www.insider.com/interesting- facts-about-Oreo-2018-7/(26 November 2019).

Birren, Faber. 2010. Color Psychology and Color Therapy: A Factual Study of the Influence of Color on Human Life. Whitefish: Kessinger Publishing L.L.C.

Craig, James. 1990. Basic Typography: A Design Manual. United States: Paperback.

Curtis Tappenden, Luke Jefford, Stella Farris. 2004. Graphic Design. Great Britain: Octopus Publishing Group Ltd.

Djaali, Muljono. 2007. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

“Karakteristik dari Bentuk Dasar Segi Empat, Segitiga dan Lingkaran”. https://www.academia.edu/33049693/KARAKTERISTIK_DARI_BENTUK_DASAR_SEGI_EMPAT_SEGITIGA_DAN_LINGKARAN (10 Desember 2019)

Efendi, Deni. Karakteristik dari Bentuk Dasar Segi Empat, Segitiga dan Lingkaran. Teknik Arsitektur, Universitas Langlangbuana, Bandung.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media.

Kroeger, Michael. 2007. Paul Rand: Conversations with Students. New York: Princeton Architectural Press.

Lawrance Zeegen, Crush. 2005. The Fundamental of Illustration. SA: AVA Publishing.

Male, Alan. 2007. Illustration: A Theritical & Constextual Perspective. SA: AVA Publishing.

Meilani. 2013. TEORI WARNA: Penerapan Lingkaran Warna dalam Berbusana. Humaniora. 4(1): 326-338.

Muhadjir, Noeng. 1996. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rakesarasin.

Muhkamad T., Agus P. 2015. Pembuatan Iklan Animasi 2D Produk Gula Semut Untuk Koperasi Serba Usaha Jatirogo, Kulon Progo. Ilmiah DASI. 16(1): 43-48.

Prang, Louis. 2019. Color Instruction: Suggestions for a Course of Instruction in Color for Public Schools. London: Forgotten Books.

Sudiana, Dendi. 2001. Pengantar Tipografi. Bandung: Rumah Produksi Dendi Sudiana.

Wahyu Purnomo, Wahyu Andreas. 2013. Animasi 2D. Jakarta: Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v2i1.2988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats