Analisis Elemen Visual Pada Media Sosial Instagram Roti’o Dalam Membangun Integrated Marketing Communication (IMC)

Theresia Celine Haryono, Louis Cahyo Kumolo Buntaran

Abstract


Roti’O merupakan makanan yang saat ini disenangi oleh masyarakat terutama pengguna jasa commuter line. Roti’O ini sudah banyak membuka outlet di stasiun, mall dan bandara. Hampir setiap stasiun ada outlet Roti’O. Konsumen biasanya membeli suatu produk karena alasan kebutuhan, namun ada alasan dan faktor-faktor lain yang turut serta mempengaruhi sikap konsumen dalam membeli suatu produk. Oleh karena itu perusahaan – perusahaan mulai membuat banyak inovasi dalam mempromosikan produk mereka, Salah satu cara perusahaan mempromosikan produk mereka ialah dengan strategi Integrated Marketing Communication, salah satu strateginya adalah berkomunikasi melalui iklan pada media sosial, iklan yang menarik dan konsisten dapat membuat pesan yang jelas dan meyakinkan konsumen berkenaan dengan produk yang mereka tawarkan. Pesan tersebut dibuat dengan Visual Branding yang jelas, kreatif, dan konsisten sehingga dapat menarik ketertarikan konsumen melalui visual tersebut. Besar pengaruh strategi IMC dalam membentuk pesan komunikasi yang kuat dengan pelanggan melalui media sosial Instagram dalam mempromosikan produk mereka yaitu Roti’O dengan menonjolkan visualisasi yang menarik. Ini menunjukan bahwa Roti’O mempromosikan produknya dengan cara meningkatkan citra dari produk tersebut pada khalayak di media sosial Instagram.


Keywords


Roti’O, Strategi Integrated Marketing Communication, Visual Branding

References


Effendy, O.U. (2003). Ilmu, Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Jefkins, F. (1995). Public Relations. Jakarta: Erlangga

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users odf The World , Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. (Vol. 53, No.1, pp. 59-68).

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2012) The Britney Spears universe: Social media and viral marketing at its best. (Vol. 55, No. 1, pp.27–31).

Kotler, P & Armstrong, G. (2001). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th edition.). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Linschoten, J., dan Drs. Mansyur. (2007). Warna. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.

Mcleod, R. J., & Schell, G. P. (2007). Management Information Systems. New Jersey: Pearson Education

Mihart, C. (2012). Impact of Integrated Marketing Communication on Consumer Behaviour: Effects on Consumer Decision- Making International Journal of marketing Studies. (Vol. 4, No. 2, pp. 121-131).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif : buku sumber tentang metode metode baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Murphy, J., & Michael, R. (1998). How to Design Trademarks and Logos. Ohio: F & W Publications Inc.

Neilpatel.com. 4 April 2017. “How to Use SEO to Build Your Brand”. Diakses 18 Desember 2020, melalui https://neilpatel.com/blog/how-to-use-seo-to- build-your-brand/

Nesabamedia.com. 30 Mei 2019. “Pengertian Caption dan Kegunaannya Pada Gambar atau Foto yang Diposting”. Diakses 18 Desember 2020, melalui https://www.nesabamedia.com/pengertian- caption/

Neumeier, M. (2006). The Brand Gap. Berkeley: New Riders.

Nuradi., Noeradi, W., Kridalaksana, H., Utorodewo, F., & Indrati, N. R. (1996). Kamus Istilah Periklanan Indonesia. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Saragih, H., & Ramdhani, R. (2012). Pengaruh Intensi Pelanggan dalam Berbelanja Online Kembali melalui Media Teknologi Informasi Forum Jual Beli (FJB) Kaskus. Journal of Information Systems. (Vol. 8, No. 2, pp. 100-112).

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Edisi 5.). Jakarta: Erlangga.

Shimp, T. A. (2010). Advertising promotion, and other aspects of integrated marketing communications (8th ed.). California: South-Western College Publication.




DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v2i1.2977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats