ANALISA KARAKTER “SUPERHERO” PADA POSTER KAMPANYE SOSIAL WHO “WORLD HEALTH DAY 2016: BEAT DIABETES”
Abstract
Setiap tahun WHO (World Health Organization) mengadakan kampanye sosial tentang kesadaran kesehatan global. Pada tahun 2016 tema yang diangkat adalah “Beat Diabetes” dimana menggunakan ilustrasi superhero yang muncul pada poster ini dengan gaya komik zadul, cara berpakaian yang khas dan warna kostum yang mencolok. Alasan WHO menggunakan karakter serupa “superhero” dapat dilihat karena sedang ada demam film bergenre “superhero” pada tahun 2016. Dengan banyaknya eksposur orang terhadap sosok “superhero”, WHO menggunakan momentum tersebut untuk mengajak orang untuk mencegah diabetes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah karakter pada poster WHO “World Health Day 2016: Beat Diabetes” termasuk dengan kategori “superhero”. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif untuk menggambarkan tampilan visual pada objek penelitian. Penelitian dilakukan dengan menelusuri aspek visual karakter-karakter “superhero” terkenal sebagai data. Selain itu, data-data dikaji dengan teori representasi oleh Stuart Hall untuk mengetahui kesamaan antara visual karakter poster “World Health Day 2016: Beat Diabetes” dengan karakter “superhero” terkenal untuk mengetahui yang menjadikan suatu karakter masuk ke dalam kategori “superhero”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter poster “World Health Day 2016: Beat Diabetes” dapat diklasifikasikan sebagai karakter “superhero” dimana dikaji melalui teori representasi. Penelitian ini diharapkan memperkaya ilmu dalam mendesain visual karakter “superhero” ataupun sebagai referensi kajian-kajian berikutnya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24167/tuturrupa.v7i1.11317
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats