STRATEGI KOMUNIKASI VISUAL MELALUI TAMPILAN E-COMMERCE SOSIAL MEDIA: STUDI KASUS PADA SHOPEE
Abstract
Yuniasanti & Nurwahyuni (2023) menurutnya perilaku konsumtif gen z mengalami peningkatan karena adanya akses e-commerce yang terbuka dengan pembelian yang tidak terkendali yang mementingkan faktor emosional dibandingkan rasional. Salah satu faktor konsumtif adalah gaya hidup seseorang yang meningkat namun rendahnya literasi keuangan yang dimiliki sehingga berpengaruh negatif ke masa depannya. Desain iklan memiliki peran penting dalam membentuk perilaku konsumtif masyarakat dengan menyampaikan pesan melalui karya visual yang berupa akomodasi dari kebutuhan customernya. Melalui advertising fungsi desainer komunikasi visual terlihat jelas bahwa fungsinya sebagai penarik perhatian konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Dalam penelitian ini, penulis bertujuan untuk mengetahui keefektifan tampilan Flash Sale Shoppe terkait promo di e-commerce bisa menarik gen z untuk berperilaku konsumtif. Metode ini menggunakan bantuan table untuk mempermudah hasil kuesioner dan wawancara dengan mengelompokan dan diisi lengkap dari hasil penelitian yang telah di analisis, didukung Mix Metode. Dalam wawancara ini telah ditemukan bahwa desain Flash Sale Shopee dapat dikatakan telah memenuhi aspek dan unsur dalam sudut pandang keilmuan Desain Komunikasi Visual.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24167/tuturrupa.v7i1.11301
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats