Studi Tipomorfologi Rumah Melayu: Inkrementalitas Pada Ruang Dan Konstruksi

Yulianto Purwono Prihatmaji, Imanuddin Imanuddin

Abstract


Tujuan dari studi ini untuk menggali persamaan dan perubahan-perubahan bentuk dan langgam selama proses membangun Rumah Melayu secara ruang dan konstruksi. Rumah Melayu dibangun secara mandiri oleh masyarakat dengan segenap kemampuan dan estetika didalamnya, sehingga bangunan rumah dapat mengekspresikan gaya hidup dari penghuninya. Rumah Melayu tersebar di sekitar selat Malaka yang meliputi Rumah Melayu Malaysia, Riau, dan Kepulauan Riau. Terdapat 9 tipe Rumah Melayu yang diikat oleh persamaan menggunakan sistem inkremental (tipologi), yang memungkinkan Rumah Melayu untuk dibangun secara bertahap baik secara ruang maupun konstruksi (morfologi). Diharapkan dari hasil tipologi dan morfologi Rumah Melayu dapat menjadi dasar inovasi pengembangan Rumah Melayu di masa kini dan mendatang. Tipologi Rumah Melayu dapat dilihat dari persamaan acuan mendirikan rumah, yaitu titik, bidang, dan garis. Acuan-acuan ini memperlihatkan morfologi dari keberagaman penciptaan ruang dan konstruksi yang terlihat dari perbedaan layout, fungsi ruang dan orientasi Rumah Melayu. Morfologi pada Rumah Melayu juga diperlihatkan melalui inkrementasi sistem konstruksi antara rumah inti dan ruang penunjang.


Keywords


Rumah Melayu, Tipologi, Morfologi, Inkremental, Ruang dan Konstruksi

References


Al Mudra, Mahyudin. 2004. Rumah Melayu:Memangku Adat Menjemput Zaman. Yogyakarta. Yogyakarta: BKPBM dan Adicita.

GhaffarianHoseini, AmirHosein and Nur Dalilah Dahlan. 2012. The Essence of Malay Vernacular Houses: Towards Understanding the Socio-Cultural and Environmental Values. Journal of the International Society for the Study of Vernacular Settlements ISVS e Journal, 2(2), p. 35-53.

Lee, Ho-yin. 2003. The Kampong House: An Evolutionary History of Peninsular Malaysia's Vernacular Houseform in Asia's Old Dwellings: Tradition, Resilience, and Change. Ed. Ronald

G. Knapp. New York: Oxford University Press, p. 235–257.

Ju, Seo Ryeung, Saari Omar, Young Eun Ko. 2012. Modernization of the Vernacular Malay House in Kampong Bharu, Kuala Lumpur. Journal of Asian Architectture and Building Engineering Vol. 11 No. 1 May, 95-102.

Yuan, Lim Jee. 1987. The Malay's House Rediscovery Malaysia’s Indegenous Shelter System. Pulau Pinang, Malaysia: Institut Masyarakat.

Yuan, Lim Jee. 1990. The Traditional Malay House. The Series Sharing Innovative Experiences Vol. 4, p. 73-97. Diakses http://unossc1.undp.org/GSSDAcademy/SIE/VOL4.aspx pada tanggal 5 Desember 2017.




DOI: https://doi.org/10.24167/tesa.v19i1.3187

ISSN 1410-6094 (Print) | ISSN 2460-6367 (Media Online) | View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.