Hubungan Self-Regulated Learning dengan Kecemasan Akademik Mahasiswa Semester Akhir yang Mengikuti Pembelajaran Hybrid
Abstract
Fenomena penerapan metode pembelajaran hybrid saat ini banyak dibahas dalam dunia pendidikan jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Metode pembelajaran hybrid dapat menjadi solusi sekaligus tantangan tersendiri terutama bagi peserta didik khususnya mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun skripsi di tengah berlangsungnya upaya pemerintah mencegah penularan COVID-19. Penelitian kuantitatif ini disusun dengan tujuan mengetahui hubungan self-regulated learning dengan kecemasan akademik pada mahasiswa semester akhir yang mengikuti pembelajaran hybrid. Penelitian ini melibatkan subjek sebanyak 151 mahasiswa semester akhir fakultas psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang memprogram skripsi pada semester Genap 2021/2022. Teknik sampel yang digunakan penelitian ini adalah probalitity sampling yaitu teknik simple random sampling. Hasil penelitian menggunakan uji Product Moment Correlation menunjukkan adanya korelasi negatif yang sangat signifikan, sehingga hipotesis penelitian ini diterima.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afdillah, M. B., & Damanik, E. L. (2021). Bimbingan Online Skripsi pada Era Revolusi Industri 4.0 di Prodi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan. Jurnal Antropologi Sumatera, 19(2), 127-143.
Bali, M. M. E. I., & Hasanah, F. (2022). Aksentuasi Disiplin Belajar Mahasiswa dalam Moda Hybrid learning di Era Pandemi Covid-19: Persepsi Pendidik. Jurnal Basicedu, 6(3), 4210-4219.
Etiafani, E., & Listiara, A. (2015). Self-Regulated Learning dan Kecemasan Akademik Pada Siswa SMK. Jurnal Empati, 4(4), 144-149.
Fahlevi, F. (2021). Nandiem: Indonesia ketinggalan, 85 persen negara Asia Pasifik sudah sekolah tatap muka. Diakses dari https://www.tribunnews.com/nasional/2021/04/01/nadiem-indonesia-ketinggalan-85-persen-negara-asia-pasifik-sudah-sekolah-tatap-muka, 10 April 2022
Gunawan., dkk. (2021). Adaptasi Pembelajaran Dengan Metode Hybrid Learning. Yogyakarta: Zahir Publishing. ISBN 978-623-5705-51-4
Hasanah, U., dkk. (2020). Gambarann Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajran Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299-306.
Hooda, M., & Saini, A. (2017). Academic anxiety: An overview. Educational Quest, 8(3), 807-810.
Indahri, Y., dkk. (2021). Penanganan Pandemi COVID-19 dan Kemanan Kawasan. Parliamentary Review, 3(2), 51-59. ISSN: 2656-923x
Kaur, H., & Chawla, A. (2018). A study of academic anxiety and school adjustment among adolescents. Indian Journal of Psychiatric Social Work, 9(2), 106-110.
Kesici, S., Baloglu, M., & Deniz, M. E. (2011). Self-regulated learning strategies in relation with statistics anxiety. Learning and Individual Differences, 21(4), 472–477.
Latifah., & Dewi, D. K. (2018). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dan Self-Esteem Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Ilmu Pendidikan. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 5(3), 1-7
Maulipaksi, D. (2021). Kemendikbud siapkan kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/03/kemendikbud-siapkan-kebijakan-pembelajaran-tatap-muka-terbatas, 10 April 2022
McClelland, M., dkk. (2018). Self-Regulation. In Handbook Of Life Course Health. Switzerland: Springer. ISBN 978-3-319-47143-3
Mirawdali, S., Morrissey, H., & Ball, P. (2018). Academic anxiety and its effects on academic performance. International Journal of Current Research, 10(6), 70017-70026.
Mukhayyaroh, L. (2017). Kecemasan Menyusun Tugas Akhir Ditinjau Dari Berpikir Positif pada mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan Universitas Muhammadiyah Semarang. Fakultas Psikologi Universitas Semarang, 199-208.
Nugraha, I., Nurhasanah, N., & Ayuna, Q. (2018). Hubungan regulasi diri dengan kecemasan akademis pada siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 3(2).
Panadero, E. (2017). A Review Of Self-Regulated Learning: Six Models And Four Directions For Research. Frontiers in psychology, 8(422), 1-28.
Resubun, C. C., Kurniyanti, M. A., & Wicaksono, K. E. (2021). Respon Terhadap Pembelajaran Blended Learning Di Era Pandemi Covid 19 Dengan Semester Stres Pada Mahasiswa. Media Husada Journal of Nursing Science, 2(3), 154-166.
Sanjaya, F. R (Ed). (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring Di Masa Darurat. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata. ISBN 978-623-7635-13-0
Santrock, J. W. (2007). Educational psychology. Canada: McGrawHill Companies, Inc.
Sari, A. R., & Satwika, Y. W. (2022). Hubungan Regulasi Diri Dengan Prokrastinasi Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 136-145.
Shakir, M. (2014). Academic anxiety as a correlate of academic achievement. Journal of Education and Practice, 5(10), 29-36.
Sharma, R. (2017). Relationship between academic anxiety and mental health among adolescents. IMPACT: International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature (IMPACT: IJRHAL), 5(11), 113-120.
Singh, H. (2018). Exploration of academic anxiety among male adolescents. International Journal of Physical Education, Sports, and Health, 5(1).247-250.
UNICEF. (2020). Ruang Peka. Diakses dari https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/ruang-peka, 10 April 2022
Wade, C. & Tavris, C. (2007). Psikologi Edisi kesembilan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Wangid, M. & Sugiyanto. (2013). Identifikasi Hambatan Struktural Dan Kultural Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2), 19-28.
Widigda, I. R., & Setyaningrum, W. (2018). Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan Dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(2), 190-199
Wijayanti, A., Fajriyah, K., & Suyitno, S. (2021). Analisis Science Self Directed Learning (SSDL) Mahasiswa Calon Guru SD pada Pembelajaran IPA Berbasis Hybrid. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 38-45.
Wijayanti, A., Fajriyah, K., & Suyitno, S. (2021). Analisis Science Self Directed Learning (SSDL) Mahasiswa Calon Guru SD pada Pembelajaran IPA Berbasis Hybrid. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 38-45.
Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View Of Self-Regulated Academic Learning. Journal of educational psychology, 81(3), 329.
DOI: https://doi.org/10.24167/psidim.v22i2.4961
Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.