Hubungan antara Dukungan Sosial Daring dan Kepribadian Lima Besar dengan Adiksi Media Sosial
Abstract
Adiksi media sosial adalah penggunaan dan pemantauan media sosial secara berlebihan, yang tampak dalam penggunaan kompulsif dengan mengorbankan aktivitas lain. Penelitian bertujuan melihat ada tidaknya hubungan antara dukungan sosial daring dan kepribadian lima besar pada adiksi media sosial. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif korelasional, yang dilakukan pada para pengguna media sosial di Surabaya yang berusia 18–40 tahun. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 105 orang, yang didapat melalui teknik sampling insidental. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bergen’s Social Media Addiction Scale (BSMAS), Big Five Inventory-2 (BFI-2) versi Indonesia, dan Online Social Support Scale (OSSS). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa dukungan sosial daring dan kepribadian lima besar berpengaruh secara bersama-sama pada adiksi media sosial (p<0.01). Hasil korelasi parsial menunjukkan bahwa hanya variabel dukungan sosial daring (r=0.510, p<0.01) dan dimensi kepribadian neuroticism (r=0,372, p<0.01) yang memiliki korelasi dengan adiksi media sosial. Keempat dimensi kepribadian yang lain tidak memiliki korelasi pada adiksi media sosial
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24167/psidim.v21i2.4686
Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.