PROFIL ORIENTASI NILAI DAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN PADA W ANITA PENGUSAHA KECIL DAN MENENGAH DALAM SKALA RUMAH TANGGA DI KABUPATEN UNGARAN

Th. Dewi Setyorini

Abstract


Keberadaan tentang wirausaha khusunya wanita teIah banyak diuji dengan berbagai pendekatannya. Hal ini didasarkan pada pemahaman bahwa kewirausahaan menjadi topic penting dan kritis terutama dalam kondisi ekonomi yang serba tidak pasti. Jumlah wirausaha yang mesih minimal di Indonesia menjadi problem yang serius untuk segera dicari jaIan keluarnya. Pendekatan yang tepat perIu diberikan guna memberikan pendampingan yang sesuai dan hendaknya sesuai dengan konteks yang ada.

Penelitian dilakukan untuk menjawab pertanyaan tentang profil perilaku kewirausahaan dan orientasi nilai pada wirausaha wanita pengusaha kecil dan menengah dalam skala rumah tanggal di Kabupaten Ungaran. Sejumlah 65 orang subjek menjadi responden yang diambil secara incidental sampling. Berdasar oIah data yang dilakukan diperoleh hasil penelitian bahwa profil perilaku kewirausahaan tidak menunjukkan perbedaan yang signifIkan daIam hal usia, agama, tingkat pendidikan, dan jenis usaha. Sedangkan dalam hal orientasi nilai menunjukkan perbedaan yang signifIkan dalam hal orientasi nilai self enhancement dan hedonism ditinjau dari latar beIakang usia.

Keywords


perilaku kewirausahaan, orientasi nilai

Full Text:

download file

References


Biro Pus at Statistik. (1998). Data Jumlah Angkatan Kerja Menurut Mata Pencaharian. Jakarta: CV Asta Gatra Cesara.

Boserup, E. (1970). Women's Role in Economic . Development. London: George Allen & Unwin, Ltd.

Dananjaya, 1. 1986. Sistem Nilai Manajer Indonesia. Jakarta: Institut Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (IPPM) dab PT Pustaka Binaman Pressindo

De Jong, S. (1985). Salah Satu Sikap Hidup Orang Jawa. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Geertz, H. (1983). Keluarga Jawa (cetakan kedua). Jakarta: Grafiti Press.

Janman, K. 1989. One Step Behind: Current Stereotypes of Women, Achievement, and Work. Sex Roles. Vol. 13. No. 9/10

Koentjaraningrat. (1985). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia.

Mulder, N. (1983). Kebatinan dan Hidup Sehari-Hari Orang Jawa. Kelangsungan dan Perubahan Kultural. Jakarta: PT Gramedia.

Munandar, A.S. (1999). Konsep Teoritis: 'Entrepreneurship' (Kewirausahaan) Komparasi Konsep Barat dan Indoensia. Makalah dalam Lokakarya Pusat Pengembangan Bisnis LPKUNS.

Mutis, T. (1995). Kewirausahaan yang Berproses. Jakarta: PT Grasindo.

Nazir, M. (l988). Metode Penelitian. (Cet. Ke-3). Jakarta: Ghalia.

Riyanti, B.P.D. 2003. Kewirausahaan dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT Grasindo

Ros, M., Schwartz, S.H., and Surkiss, S. Basic Indivisual Values, Work Values, and The Meaning of Work. Apllied Psychology: An International Review. 1999, 48 (1), 49-71

Sarsono. (1998). Perbedaan Nilai Kerja Generasi Muda Terpelajar Jawa dan CinaJawa. Disertasi (tidak diterbitkan) . Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Schwartz, S.H. 1990. A Theory of Cultural Values and Some Implications for Work. Applied Psychology: An International Review. 48 (1) 23-47

Schwartz, S.H. (1997). Values and Culture. In Munro, D. et.al. (Eds.) Motivation and Culture. New York: Routledge.

Setyorini, D. 2002. Pengaruh Sikap terhadap Peran Tradisonal dan Non Tradisional Wanita dan Locus of Control terhadap Motivasi Ber-prestasi pada Wanita Pedagang Batik Etnis 20 Jawa, Cina, dan Arab. Tesis (Tidak Diterbitkan). Jakarta : Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Sukardi, S.I. (1991). Intervensi Terencana F aktor-faktor Lingkungan terhadap Pembentukan Sifat-Sifat Antrepreneur (Entrepreneur Traits). Disertasi (tidak diterbitkan). Jakarta Fak. Psikologi. Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24167/psiko.v12i1.35

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.