Analisis Item Response Theory Raven's Coloured Progressive Matrices pada Sampel Anak Usia Dini

Medianta Tarigan, Fadillah Fadillah

Abstract


Abstrak: Raven's Coloured Progressive Matrices  merupakan alat tes kognitif anak yang sangat populer digunakan di Indonesia. Bentuk soalnya yang non-verbal dengan jumlah item yang singkat membuat  alat  ini  dapat  digunakan  oleh  individu  dari  berbagai  latar  belakang  budaya. Kepopuleran  alat  tes  ini  di  dunia  praktis  tidak  diiringi  dengan  kebaruan  data-data  uji psikometrinya, terutama terkait kelayakan butir-butir soalnya. Untuk menguji kelayakan butir soal tersebut, dalam penelitian ini dilakukan analisis butir menggunakan teknik IRT dengan model logistik 3 (tiga) parameter (IRT 3 PL).  Partisipan dalam penelitian ini adalah 467 siswa taman kanak-kanak berusia 5-7 tahun di Kota Bandung. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua item dalam tes sesuai dengan 3-Parameter Logistic IRT Model yang mencakup daya beda, kesulitan dan peluang menebak. Terdapat 31 item,  baik seri A, seri B, dan seri AB atau setara dengan 86% dari jumlah seluruh item CPM yang memiliki tingkat kesulitan di kategori rata-rata.  Untuk  estimasi  parameter  peluang  menebak  (guessing)  hanya  satu  item  yang dikategorikan  sebagai  item dengan  peluang  menebak  yang  ditolak.  Sehingga  sebesar  97% item CPM memiliki peluang menebak yang dapat diterima berdasarkan kriteria yang dipilih.Kata kunci: Colored Progressive Matrices; Item Response Theory; Kognitif 

 

Abstract: Raven's Coloured Progressive Matrices is a cognitive test that’s used widely In Indonesia. Its short and non-verbal items makes it suitable for individuals of various cultural backgrounds. In practice, the popularity of this test is not accompanied with its up-dated psychometric propert , especially in relation to the fitness of the item questions. In this study,  a question analysis using the IRT technique examine the item questions, using the three parameter logistic model (3PL). The participants of this study are 467 kindergarten students aged 5-7 in the city of Bandung. All items of the test yield favorable statistics under the 3-Parameter Logistic IRT Model with regards to discrimination, difficulty, and guessing. There are 31 items, in either series A, series B, and series AB or the equivalent of 86% of the total number of CPM items that have a difficulty level in the average category. In estimating the probability parameter for guessing, only one item is categorized as an item with a rejected guessing probability.97% Therefore, 97% of the CPM items generate an acceptable guessing probability based on the selected criteria.

Keywords: Colored Progressive Matrices; Item Response Theory; Cognitive 


Keywords


Colored Progressive Matrices; Item Response Theory; Cognitive



DOI: https://doi.org/10.24167/psidim.v20i2.3101

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.