Belajar untuk Siapa? Telaah Kritis atas Orientasi Motivasi Mahasiswa di Tengah Komersialisasi Pendidikan Tinggi

Karunia Kalifah Wijaya, Muhammad Royyan Masdaudi, Nanda Febrianita Handayani

Abstract


Pendidikan tinggi di Indonesia makin terkomersialisasi, menggeser fungsinya dari hak publik menjadi komoditas. Akibatnya, motivasi belajar mahasiswa lebih didorong tekanan ekonomi dan tuntutan pasar kerja daripada dorongan intrinsik. Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana mahasiswa memaknai motivasi belajar mereka dalam konteks pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis dengan melibatkan sepuluh mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-struktural dan dianalisis menggunakan pendekatan tematik untuk mengeksplorasi makna partisipantif mahasiswa terkait motivasi belajar di tengah komersialisasi pendidikan tinggi. Penelitian ini mengungkap bahwa orientasi motivasi belajar mahasiswa di tengah komersialisasi pendidikan tinggi bersifat dinamis dan terbentuk melalui ketegangan antara dorongan internal dan tekanan eksternal. Mahasiswa mengalami perubahan motivasi dari yang semula berorientasi pada hasil (ekstrinsik) menjadi lebih reflektif dan bermakna (intrinsik), meskipun proses ini seringkali terhambat oleh struktur institusional yang kaku, beban ekonomi yang berat, dan logika pasar yang mendikte arah pendidikan. Tekanan untuk memenuhi ekspektasi pasar kerja dan capaian akademik turut mendorong mahasiswa mengadopsi strategi pragmatis, yang sering kali mengorbankan semangat kritis, solidaritas kolektif, dan otonomi belajar.


Keywords


Mahasiswa; Kampus; Motivasi; Pendidikan

References


Ahiruddin, & Suharyati. (2023). Analisis rendahnya motivasi belajar mahasiswa dengan teknik pemecahan masalah kreatif. Ilma: Jurnal Pendidikan Islam.

https://doi.org/10.58569/ilma.v2i1.610

Astri, H. (2016). Dampak sosial komersialisasi pendidikan tinggi di Indonesia. Kajian, 16(3). https://doi.org/10.22212/kajian.v16i3.537

Cahyani, F. F., & Mudzakkir, M. (2016). Wajah pendidikan tinggi Indonesia di era otonom.

Daulay, N. K. (2014). Masalah dan tantangan privatisasi pendidikan tinggi. Jurnal Tarbiyah, 21(2). https://doi.org/10.30829/tar.v21i2.226

Deodor, M. A., Morintoh, F., Kasingku, J.D., & Frans, N. (2023). Hubungan dukungan sosial terhadap motivasi belajar mahasiswa: Studi literatur. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala.

https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5472

Fahrezi, R. M., & Indriyani, D. (2024). Pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia.

https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.365

Ferdino, M. F., & Sirozi, M. (2025). Dampak ekonomi neoliberal terhadap sistem dan tata kelola pendidikan di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 6(1).

https://doi.org/10.51673/jips.v6i1.2457

Harry, A. (2015). Kedudukan perguruan tinggi negeri badan hukum pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Kadi, F. (2012). Komersialisasi pendidikan (Kajian teoritis-filosofis paradigma pendidikan nasional kontemporer).

Monica, S. Y. H., & Ravanti, N. F. P. (2024). Pelanggaran hak atas pendidikan di Indonesia: Diskursus mengenai student loan sebagai solusi komersialisasi perguruan tinggi. Padjadjaran Law Review, 12(2).

https://doi.org/10.56895/plr.v12i2.1833

Muharam, A., Mega, M. S. A., Nurtaqiyah, N., & Laksono, B. A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Universitas Siliwangi. Journal of Millennial Community, 5(2), 89–102.

https://doi.org/10.24114/jmic.v5i2.42414

Musayyidi, M. (2020). Menyoal komersialisasi pendidikan di Indonesia. Kariman, 8(1). https://doi.org/10.52185/kariman.v8i1.134

NoviYuliati, N., Wahhab, A. H., & Darmawan, A. A. (2024). Dampak komersialisasi pendidikan terhadap kesenjangan sosial. Kariman, 12(1). https://doi.org/10.52185/kariman.v12i1.422

Ompusunggu, H. E. S. (2020). Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen. Nommensen Journal of Medicine. https://doi.org/10.36655/njm.v6i1.247

Pambudi, Y. T., Widorotama, A., Fahri, A. S., & Farkhan, M. M. (2022). Korelasi Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Jasmani. Jurnal Porkes, 5(1), 158–167.

https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5350

Prakoso, B., Hudallah, N., Arief, U., & Purbawanto, S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Elektro UNNES Pada Model Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Edu Komputika Journal, 9(1), 12 - 17. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v9i1.50955

Prasetyo, K. C. (2024). Hegemoni neoliberalisme pendidikan tinggi di Indonesia: Sebuah tinjauan kritis. Langgas: Jurnal Studi Pembangunan, 3(1). https://doi.org/10.32734/ljsp.v3i1.15810

Precalya, H. M. (2021). Link & match pendidikan sebagai ideologi neoliberalisme (Analisis wacana tentang dominasi elit dalam pendidikan kejuruan di Indonesia). JISIP, 5(4).

https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2561

Rambe, P., Suarman, & Gimin (2021). Analisis motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar mahasiswa. Eklektik.

https://doi.org/10.24014/ekl.v4i1.10955

Riskiana, R., Kurniawan, W., & Maryoto, M. (2023). Hubungan Adiksi Gadget dengan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 6(2), 763-770.

https://doi.org/10.37287/jppp.v6i2.2164

Saksana, J. C. (2024). Analisis pengaruh motivasi belajar, kemampuan kognitif dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nusantara. https://doi.org/10.38035/jpkn.v2i4.805

Salim, A., Manubey, J., & Kuswandi, D. (2024). Neoliberalisme dan dampaknya bagi pendidikan Indonesia: Sebuah refleksi. Jurnal Pendidikan, 24(2).

https://doi.org/10.52850/jpn.v24i2.12484

Saputra, K. (2023). Dampak kebijakan perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN BH) yang mengakibatkan munculnya komersialisasi pendidikan. Journal of Education, 5(4).

https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2153

Sarvitri, A., & Sunandar, A. (2020). Otonomi pendidikan tinggi dan pembiayaannya: Antara kemajuan dan komersialisasi pendidikan. Judika, 8(1).

https://doi.org/10.35706/judika.v8i1.1935

Simbolon, P. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa di STIKes St. Elisabeth Medan. Jurnal Masohi.

https://doi.org/10.36339/jmas.v1i1.289

Sinaga, Z. V., Abdillah, R., & Larasati, T. (2024). eran Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa yang Berkuliah di Bekasi. Jurnal Psikologi, 1(4), 16.

https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2944

Supratiknya, A. (2016). Pedagogi kritis & pendidikan tinggi. Retorik, 4(1).

https://doi.org/10.24071/ret.v4i1.174

Tholani, M. I. (2013). Problematika pendidikan di Indonesia (Telaah aspek budaya). Majalah Pendidikan Garis Miring Indonesia, 1(1).

https://doi.org/10.46963/mpgmi.v1i1.37

Utomo, J., Kamaruddin, S. A., & Adam, A. (2024). Meretas jalan kritis: Privatisasi pendidikan di perguruan tinggi negeri badan hukum dalam lensa Kantian. Journal of Administration and

Educational Management (ALIGNMENT), 7(1). https://doi.org/10.31539/alignment.v7i1.8691

Wahyudi, I. (2018). Komersialisasi pendidikan tinggi di Indonesia. Tawazun, 8(1).

https://doi.org/10.32832/tawazun.v8i1.1132.

Wijaya, K. K. (2025, October 29). Republik dagang pengetahuan. Kompas.

https://www.kompas.com/edu/read/2025/10/29/075115671/republik-dagang-pengetahuan

Yulita, H., & Hidajat, K. (2021). Pengaruh adopsi inovasi e-learning terhadap minat belajar mahasiswa dimediasi motivasi belajar pada era new normal. Journal of Business & Applied Management. https://doi.org/10.30813/jbam.v14i1.2709

Yuriatson, Y. (2020). Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada. https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i2.449




DOI: https://doi.org/10.24167/psidim.v24i2.13898

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.