Mempersiapkan Generasi Siap Kerja: Peran Internal Locus of Control dan Orientasi Masa Depan pada Siswa SMK

Tsuraya Nuha Afifah, Pratista Arya Satwika

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berfungsi sebagai institusi pendidikan yang dirancang untuk membekali siswa dengan kemampuan praktis guna memasuki dunia kerja secara langsung, sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan profesional. Namun, realitas menunjukkan masih banyak penggangguran yang berasal dari lulusan SMK, siswa masih ragu atas kemampuannya, dan belum memiliki arah masa depan yang jelas, yang menunjukkan kurangnya kesiapan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara internal locus of control dan orientasi masa depan dengan kesiapan kerja pada siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Melibatkan 100 peserta didik kelas XI di sebuah SMK Negeri di Surakarta melalui simple random sampling. Instrumen penelitian meliputi skala kesiapan kerja, skala internal locus of control, dan skala orientasi masa depan. Hasil analisis menyatakan adanya hubungan yang signifikan antara internal locus of control dan orientasi masa depan dengan kesiapan kerja siswa SMK, baik secara simultan maupun parsial.


Keywords


kesiapan kerja, internal locus of control, orientasi masa depan, siswa SMK

References


Amrullah, A. L. K. A. (2024). Peran Locus of Control Internal terhadap Kesiapan Kerja pada Siswa SMK di Gunungkidul (Skripsi). Universitas Gadjah Mada.

Andrianus, I. J. (2020). Efikasi diri dengan kesiapan kerja pada siswa kelas XII di SMK X. Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 572-578.

http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5563

Azalea, A. & Paulina. (2024). Pengaruh Konsep Diri, Efikasi Diri, Dan Internal Locus Of Control Terhadap Kematangan Karir (Studi pada Brand Partner Oriflame di Jakarta). Journal of Accounting, Management, and Islamic Economics, 2(2), 629-644.

https://doi.org/10.35384/jamie.v2i2.637

Brady, R. (2010). Work readiness inventory: Administrator’s guide. Job Information Seeking and Training (JIST) Works, 1-16.

Caballero, C. L., Walker, A., & Fuller-Tyszkiewicz, M. (2011). The Work Readiness Scale (WRS): Developing a measure to assess work readiness in college graduates. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 2(1), 41–54.

https://doi.org/10.21153/jtlge2011vol2no1art552

Can, S., & Durukan, E. (2019). The level of pedagogical formation students’ academic locus of control. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(3), 531–536. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.18166

Doğanülkü H. A. (2022). Life goals and proactive career behaviors: The mediating role of visions about the future and the moderating role of intolerance of uncertainty. Current psychology (New Brunswick, N.J.), 1–13.

https://doi.org/10.1007/s12144-022-03236-2

Erika, I. R. (2023). Hubungan Praktik Kerja Lapangan dan Internal Locus of Control Dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Sukoharjo (Skripsi). Universitas Sebelas Maret.

Folasimo, R., Minarni, & Hayati, S. (2023). Orientasi Masa Depan Terhadap Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Akhir di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 3(1), 254-260. https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.2105

Fitriyanto, A. (2006). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dineka Cipta.

Habibah, I. F. & Dwijayanti, R. (2023). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL), Self-Efficacy dan Internal Locus of Control Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMKN Mojoagung Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 142–151.

https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p142-152

Jari, Z. A. (2025). Hubungan antara Learning Agility dan Perceived Social Support dengan Kesiapan Kerja pada Siswa SMK (Skripsi). Universitas Sebelas Maret.

Jovita, R. V. (2025). Hubungan antara Hardiness dan Optimisme dengan Kesiapan Kerja Pada Siswa SMK (Skripsi). Universitas Sebelas Maret.

Kutanis, R. Ö. & Mesci, M. & Övdür, Z. (2011). The Effects of Locus of Control on Learning Performance: A Case of an Academic Organization. Journal of Economic and Social Studies, 1(2), 113-133.

Nabila, A. T., Purna, R. S., Sarry, S. M., & Nasa, A. F. (2023). Hubungan Orientasi Masa Depan Bidang Karier dengan Career Decision Making Self-Efficacy pada Mahasiswa Akhir. Jurnal Psibemetika, 16(2), 112-119.

Nasution, M. A. (2021). Hubungan antara Self Efficacy dengan Kesiapan Kerja pada Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Pekanbaru (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://repository.uin-suska.ac.id/42605/

Prasetyowakti, D., Indiati, I., & Nayla, A. (2021). Analisis Keterlaksanaan Perencanaan dan Proses Kegiatan Pembelajaran Praktik di SMK Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Riptek, 15(2), 69-74.

https://doi.org/10.35475/riptek.v15i2.121

Pratama, M. F., Mastuti, E., & Yoenanto, N. H. (2024). The Impact of Future Orientation and Social Support on Career Adaptability. Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology, 11(2).

https://doi.org/10.24854/jpu1006

Puspitasari, N. A., & Bahtiar, M. D. (2022). Pengaruh Pengalaman Prakerin, Self Efficacy dan Internal Locus of Control Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK di Bidang Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(1), 31–43.

https://doi.org/10.26740/jpak.v10n1.p31-43

Rahman, A. F. (2017). Hubungan Internal Locus of Control dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK). Psikoborneo, 4(1), 91-98.

http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3967

Rotter, J. B. (1966). Generalized expectancies for internal versus external control of reinforcement. Psychological Monographs: General and Applied, 80(1), 1–28.

https://doi.org/10.1037/h0092976

Seginer, R. (2009). Future orientation: Developmental and ecological perspectives. Springer Science + Business Media.

Setiawan & Yusnaini. (2021). Pengaruh Locus Of Control dan Kompetensi Diri terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa IAIN Lhokseumawe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3962-3974.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1357

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Surahman, F. A. B., Suyitno, & Parjiman. (2021). Hubungan Locus of Control Internal dan Kecerdasan Adversitas dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Kejuruan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 34 Jakarta. Journal of Electrical and Vocational Education and Technology, 6(1), 37-43. https://doi.org/10.21009/JEVET.0061.08

Terzi, A R. & Gülcan, Ç. & Eser, H. (2012). The Relationship between Undergraduate Students’ Locus of Control and Epistemological Beliefs. Interest Journal, 3(1), 30-39.

Tou, S. L. (2022). Orientasi Masa Depan Dengan Kesiapan Kerja Siswa. Psikoborneo: Jurnal Imiah Psikologi, 10(2), 334-344.

http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i2.7589

Wiandari, D. M. (2022). Hubungan Internal Locus of Control dan Self-Esteem dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa UIN Suska Riau (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Wiharja, H. (2019). Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Industry dan Internal Locus of Control Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal FamilyEdu, 5(1), 47-53.

Winurini, S. (2021). Pengempangan Skala Orientasi Masa Depan Pendidikan pada Remaja Indonesia. Jurnal Masalah-Masalah Sosia, 12(2), 179-193.

https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2495




DOI: https://doi.org/10.24167/psidim.v24i1.13698

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.