Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Guru PAUD
Abstract
Peran guru sangat krusial dalam membentuk karakter dan perkembangan anak, khususnya pada tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun, pekerjaan sebagai guru PAUD seringkali disertai dengan berbagai tantangan yang dapat memengaruhi kesejahteraan psikologis mereka. Kondisi menurunnya kesejahteraan psikologis ini dapat berdampak pada motivasi, kinerja, serta kualitas interaksi guru dengan anak didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji sejauh mana kepuasan kerja berpengaruh terhadap kesejahteraan psikologis guru PAUD yang berada di Kota Surakarta. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan melibatkan 117 guru PAUD yang aktif mengajar di Kecamatan Pasar Kliwon dan Kecamatan Serengan Kota Surakarta sebagai sampel penelitian. Data penelitian diperoleh melalui penggunaan Ryff Psychological Well-Being Scale (PWBS) untuk menilai tingkat kesejahteraan psikologis dan Job Satisfaction Survey (JSS) oleh Spector untuk mengukur tingkat kepuasan kerja. Hasil analisis menunjukkan bahwa model regresi secara keseluruhan signifikan secara statistik, F(1,115)= 142,01, p= 0,000, dengan R²= 0,553. Kepuasan kerja secara signifikan memprediksi kesejahteraan psikologis, β= 0,265, p= 0,000.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amri, A., Ribhan, & Ahadiat, A. (2022). The influence of job satisfaction and psychological well-being on turnover on hospital employees. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2).
https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i2.6332
Azizah, S. N., & Kanda, A. S. (2024). Pengaruh tunjangan kinerja terhadap motivasi dan kepuasan kerja guru pendidikan usia dini. Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(2), 318–322.
https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i2.666
Byun, S., & Jeon, L. (2023). Preschool teachers’ psychological wellbeing, emotion regulation, and emotional responsiveness: a US-Korea comparison. Frontiers in Psychology, 14(June).
https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1152557
Diener, E., Lucas, R., Schimmack, U., & Helliwell, J. (2009). Well-being for public
Farhanna, S., & Tatiyani, T. (2022). Hubungan kepuasan kerja dan regulasi emosi dengan kesejahteraan psikologis pada guru di komplek pendidikan Muhammadiyah Kramat Raya Jakarta Pusat. Psikologi Kreatif Inovatif, 2(3), 104-111.
https://doi.org/10.37817/psikologikreatifinovatif.v2i3.2133
Ghufron, M. N. (2016). Kepuasan kerja guru paud ditinjau dari iklim kelas dan efikasi mengajar. Quality, 4(2), 254–270
Hartini, S., & Hastuti, R. (2024). Kesejahteraan psikologis pada pendidik pendidikan anak usia dini. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 56-63.
https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2707
Hasanah, N., & Laily, N. (2020). Self-Efficacy dan kepuasan kerja pada guru Taman Kanak-Kanak (TK). Efektor, 7(1), 80–89.
https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14398
Hidalgo, J. L.-T., Bravo, B. N., Martínez, I. P., Pretel, F. A., Postigo, J. M. L., & Rabadán, F. E. (2020). Psychological well-being, assessment tools and related factors. In I. E. Wells (Ed.), Psychological Well-Being: Psychology of emotions, motivation and actions (Vol. 5, pp. 77–113). Nova Science Publishers, Inc
Husnunnadia, R., & Masyithot, S. (2024). Pemberian penghargaan untuk meningkatkan kualitas guru di Madrasah Ibtidaiyah: Tinjauan strategi kepala sekolah. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 104–112.
https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.11180954
Istiqomah, N., & Tjalla, A. (2023). The influence of self efficacy and job satisfaction on the psychological wellbeing of the honorary teacher state highschool in Depok city. JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 9(2), 8594.
https://doi.org/10.21009/jisae.v9i2.38383
Leong, D. C. P. (2022). Factors affecting the psychological well-being of educators: A study on private college lecturers succeeding COVID-19 pandemic. Borneo Journal of Social Sciences.
https://doi.org/10.35370/bjssh.2022.4.2-02
Luthans, F. (2011). Organizational behavior (12th ed.). McGraw-Hill/Irwin.
Marcheline, A. R., & Adiati, R. P. (2021). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kesejahteraan psikologis pada karyawan yang mengalami job mismatch. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1319–1330.
https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i2.28616
Masri, M. (2020). Pengaruh promosi jabatan dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru pegawai negeri sipil (Studi pada Sma Negeri 6 Kendari). Journal Publicuho, 3(3), 349–360. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i3.12352
Mavianti. (2018). Hubungan antara komunikasi interpersonal atasan-bawahan dan persepsi terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru SMA Muhammadiyah 2 Tanjung Sari Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1).
https://doi.org/https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1926
Naimah, H., Dewi, M. P., & Chrisnatalia, M. (2025). The Effect of Job Satisfaction on Psychological Well-Being in School Teachers Luar Biasa ( SLB ). Journal of Research and Community Service, 6(4), 381–394.
https://doi.org/https://doi.org/10.59188/devotion.v6i4.25449
Ramadhani, T., Djunaedi, D., & Sismiati S., A. (2016). Kesejahteraan psikologis (psychological well-being) siswa yang orangtuanya bercerai (Studi deskriptif yang dilakukan pada siswa di SMK Negeri 26 Pembangunan Jakarta). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 108. https://doi.org/10.21009/insight.051.16
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational behavior (15th ed.). Pearson Education, Inc
Ryff, C. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069–1081.
https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1069
Ryff, C. D. (2014). Psychological well-being revisited: Advances in the science and practice of eudaimonia. Psychotherapy and Psychosomatics, 83(1), 10–28.
https://doi.org/10.1159/000353263
Ryff, C. D., & Singer, B. (1996). Psychological well-being: meaning, measurement, and implications for psychotherapy research. Psychotherapy and psychosomatics, 65(1), 14–23.
https://doi.org/10.1159/00028902
Salavera, C., Urbón, E., Usán, P., Franco, V., Paterna, A., & Aguilar, J. M. (2024). Psychological wellbeing in teachers. Study in teachers of early childhood and primary education. Heliyon, 10(7).
https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e28868
Saleh, A. Y., & Kurniawati, F. (2024). Factors influencing the well-being of primary school teache1 2wqwrs in Indonesia: a pilot study. Psychological Research on Urban Society, 7(1), 12–24.
https://doi.org/10.7454/proust.v7i1.1140
Sari, R., Fauzan, A., & Bedi, F. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja guru. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(18), 866–876.
https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.13983581
Scarvanovi, B. W., & Priyatama, A. N. (2023). “Legowo”: Sebuah gambaran kebersyukuran dan kesejahteraan psikologis guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 10(1), 58–74.
https://doi.org/10.35891/jip.v10i1.2890
Spector, P. E. (1997). Job satisfaction: Application, assessment, causes, and consequences. SAGE Publications,
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV
Suyono. (2021). Analisis korelasi gaji dan lingkungan kerja non fisik terhadap kepuasan kerja guru. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(3), 289–299.
Tondowala, S. F. H. (2025). Tantangan emosional guru PAUD : Tinjauan literatur tentang dampaknya terhadap pengelolaan kelas dan pembelajaran yang efektif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9, 12784–12792
Yulianti, I., Febriana, S. K. T., & Istiqomah, E. (2023). Peran kepuasan kerja dalam memediasi ketidakamanan kerja terhadap kesejahteraan psikologis guru Honorer di Indonesia. Psychopolytan
DOI: https://doi.org/10.24167/psidim.v24i1.13686
Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












