Lebih dari Sekadar Mahasiswa: Gambaran Psychological Well-Being pada Mahasiswa dengan Peran Ganda
Abstract
Penelitian ini berfokus pada fenomena dari kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang menjalani peran ganda, yaitu berkuliah sambil bekerja. Penelitian ini dilakukan di dua kota yaitu, Banjarbaru dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan, serta bertujuan menggambarkan lebih jauh tentang dimensi kesejahteraan psikologis yang berpengaruh pada mahasiswa yang berperan ganda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi menggunakan wawancara kepada tiga orang dengan pusrposive sampling. Temuan penelitian menunjukan bahwa mahasiswa mengalami berbagai tantangan dalam menjalani peran ganda, terlebih dalam hal membagi waktu. Dimensi kesejahteraan psikologis dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti struktur otoritas, kemampuan adaptasi, manajemen waktu, pandangan jangka panjang, dan penerimaan terhadap diri. Hasil juga menunjukkan bahwa dukungan sosial juga sangat berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfikalia (2020). Perspektif dalam Kesejahteraan Psikologis Manusia: Suatu Pengantar. Proceeding. Disampaikan dalam National Seminar on Physical Fitness and Psychological Well-being During The Coronavirus Pandemic 2020, 15 November 2020. Sekolah Pascasarjana IKIP Budi Utomo, Malang
Anjani, W. (2020). Hubungan Antara Rasa Syukur Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Bekerja Part-Time (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Cohen, S., & Wills, T. A. (1985). Stress, social support, and the buffering hypothesis. Psychological Bulletin, 98(2), 310–357
Djaling, K. W., & Purba, D. E. (2019). Efek mediasi makna hidup pada hubungan antara grit dan kepuasan hidup pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Ulayat, 6(2), 135-149.
Faqih, M. F. (2020). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap stres akademik mahasiswa Malang yang bekerja (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Fitria, Y., & Muhdi, N. (2017). Hubungan Antara Konflik Peran Ganda dengan Psychological Well-Being pada Dokter Perempuan Berkeluarga yang Menjalani Program Pendidikan Dokter Spesialis-1 Di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal Psikiatri Surabaya, 6(1), 37–47.
Ginting, R. O. B., & Ratnaningsih, I. Z. (2021). Hubungan Antara Work-Study Conflict Dengan Student Engagement Pada Mahasiswa Pekerja Full-Time Di Program Studi S-1 Teknik Informatika Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang. Jurnal Empati, 10(2), 78-85.
Greenhaus, J. H., & Beutell, N. J. (1985). Sources and conflict between work and family roles. The Academy of Management Review, 10(1), 76–88.
Hardianti, B., & Munjirin, A. (2024). Pengaruh positive thinking dalam meningkatkan self acceptance pada siswa. Psychological Journal: Science and Practice, 4(1), 227-230.
Hauser, R. M., Springer, K. W., & Pudrovska, T. (2005, November). Temporal structures of psychological well-being: continuity or change. In Meetings of the Gerontological Society of America, Orlando, Florida (pp. 1-30).
Humayra, S., & Kumalasari, L. D. . (2025). Motivasi Mahasiswa dalam Memilih Bekerja Paruh Waktu: Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang . Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(3), 597–604.
https://doi.org/10.37329/ganaya.v8i3.4673
Jannah, R., Fitri, G. S. I., Ulfa, R., & Damra, H. R. (2025). Peran Kebersyukuran sebagai Prediktor Psychological Well-Being pada Mahasiswa Psikologi Tahun Pertama Universitas Negeri Padang. Observasi: Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 3(2), 315–323. https://doi.org/10.61132/observasi.v3i2.1167
Khanan, A. M. (2023). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kemampuan Adaptasi dalam Peningkatan Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Magang (Studi terhadap Mahasiswa Magang FEB UKSW) (Doctoral dissertation).
Lusi, R. A. (2021). Penyesuaian diri mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Mediapsi, 7(1), 5-16.
Luthfy, R. F., Uyun, Z., & Inayati, N. L. (2019). Hubungan antara konflik peran ganda dengan stres pada mahasiswi yang sudah menikah (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Nartin, S. E., Faturrahman, S. E., Ak, M., Deni, H. A., MM, C., Santoso, Y. H., ... & Eliyah, S. K. (2024). Metode penelitian kualitatif. Cendikia Mulia Mandiri.
Nasir, A., Nurjana, N., Shah, K., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif . Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4445–4451.
Norhidayah, M. R., Kusumawati, E., & Rina, A. P. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pychological Well Being pada Mahasiswa di Indonesia: A Systematic Scoping Review. Observasi : Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 3(1), 179–205.
https://doi.org/10.61132/observasi.v3i1.928
Pedhu, Y. (2022). Kesejahteraan psikologis dalam hidup membiara. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 10(1), 65-78.
Pratama, M. Z. & Marsofiyati. (2024). Pengaruh Manajemen Waktu Dan Dukungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 10(3), 21–30.
https://doi.org/10.9644/sindoro.v10i3.8933
Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069–1081
Ryff, C. D. (1995). Psychological well-being in adult life. Current Directions in Psychological Science, 4(4), 99–104.
Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The structure of psychological well-being revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719–727.
Sitasari, N. W. (2022). Mengenal analisa konten dan analisa tematik dalam penelitian kualitatif. In Forum Ilmiah (Vol. 19, No. 1, pp. 77-84).
Sitio, D. R. S., & Roswiyani, R. (2022). Hubungan Career Self-Efficacy Dan Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(3), 667-675.
Snyder, C. R., & Lopez, S. J. (Eds.). (2002). Handbook of positive psychology. Oxford University Press.
Taylor, S. E. (2011). How psychosocial resources enhance health and well-being. In S. I. Donaldson, M. Csikszentmihalyi, & J. Nakamura (Eds.), Applied positive psychology: Improving everyday life, health, schools, work, and society (pp. 65–77). Routledge/ Taylor & Francis Group.
Tedeschi, R. G., & Calhoun, L. G. (2004). Target Article: "Posttraumatic Growth: Conceptual Foundations and Empirical Evidence". Psychological Inquiry, 15(1), 1–18.
Ulya, R. R. & Abdurrohim (2025). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kesejahteraan Psikologis Padamahasiswa Tingkat Akhir Di Fakultas X Universitas X (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Utami, A. T. (2020). Pengambilan Risiko pada Mahasiswa Bekerja. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 25(1), 111-132.
Yulianto, E. (2025). Tren Kuliah Sambil Bekerja di Kalangan Warga Kota Depok: Gambaran Nyata Tentang Potensi Membuka Kelas Khusus Mahasiswa Pekerja Bagi Lembaga Pendidikan Swasta. Indonesian Journal Entrepreneurship Finance and Business Management, 2(02).
Yuniarti, W. (2023). Menanamkan Pembiasaan Empati Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu. Ibtidai'y Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 52-65.
Zahrah, N. A. N., & Sukirno, R. S. H. (2022). Psychological well-being pada mahasiswa santri ditinjau dari dukungan sosial & stress akademik. Jurnal Psikologi Integratif, 10(2), 189-205.
DOI: https://doi.org/10.24167/psidim.v24i1.12795
Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












