Gambaran Tingkat Kepatuhan Pada Karyawan Instalasi Gizi Rumah Sakit X Terhadap Program Service Excellence

Ruby Bulan Prabandari, Maria Prima Novita

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepatuhan karyawan instalasi gizi rumah sakit X terhadap program service excellence. Metode yang digunakan adalah mix-method dengan pendekatan sequential design strategi explanatory. Sebanyak 20 karyawan instalasi gizi rumah sakit X dijadikan sebagai partisipan penelitian dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengukuran penelitian kuesioner menggunakan skala kepatuhan Blass (1999) (α = 0,929) dan item wawancara didasarkan pada aspek kepatuhan Blass (1999). Metode analisis data kuantitatif menggunakan uji analisis deskriptif dan analisis kualitatif menggunakan analisis hasil transkrip wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan karyawan instalasi gizi berada pada kategori sedang dengan persentase 65%. Hal ini menunjukkan bahwa karyawan instalasi gizi sudah mulai patuh pada peraturan walaupun belum maksimal. Implikasi dari penelitian ini adalah perlu adanya usaha untuk meningkatkan kepatuhan pada karyawan instalasi gizi terhadap program service excellence agar mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Penelitian yang akan datang, hendaknya bisa mengembangkan penelitian dengan mencari faktor yang berhubungan dengan kepatuhan seseorang terhadap suatu peraturan.

 

Keywords


Kepatuhan; Service Excellence; Instalasi Gizi; Rumah Sakit

References


Afrianti, N. & Rahmiati, C. (2021). Faktor-faktor yang memengaruhi kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan COVID-19. Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(1): 113-124. https://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/1045/647

Ajib, R. A., Ridwan, & Fatkhuri. (2023). Pengaruh sosialisasi kebijakan COVID-19 terhadap kepatuhan masyarakat menerapkan physical distancing pada pengikut Instagram @lawancovid19_ID. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(1), 72–79. https://ejournal.upnvj.ac.id/GlobalKomunika/article/view/5842

Almi. (2020). Analisis penyebab masyarakat tidak patuh pada protocol COVID-19. dari https://almi.or.id/2020/06/05/analisis- penyebab-masyarakat-tidak-patuh- pada-protokol-covid-19/

Ariyanto, E. A., & Sa’diyah, N. H. (2018). Kepatuhan terhadap figur otoritas dan radikalisme pada remaja. Seminar Nasional Psikologi, 105(3), 129–133. https://journal.uml.ac.id/PSN/article/view/45

Blass, T. (1999). The milgram paradigm after 35 years: Some things we now know about obedience to authority. Journal of Applied Social Psychology, 29(5), 955–978. https://doi.org/10.1111/j.1559-1816.1999.tb00134.x

Ekawati, S. S., & Andriani, H. (2022). Strategi bauran pemasaran kesehatan rumah sakit Yadika Pondok Bambu pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Medika Hutama, 3(2), 2073-2083. https://www.jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/415/284

Engelmann, S., Chen, M., Fischer, F., Kao, C., & Grossklags, J. (2019). Clear sanctions, vague rewards: How China’s social credit system currently defines “good” and “bad” behavior. FAT* 2019 - Proceedings of the 2019 Conference on Fairness, Accountability, and Transparency, 69–78. https://doi.org/10.1145/3287560.3287585

Fathimah, A. F., Al-Islami, M. F., Gustriani, T., Rahmi, H. A., Gunawan, I., Agung, I. M., & Husni, D. (2021). Kepatuhan masyarakat terhadap pemerintah selama pandemi: Studi eksplorasi dengan pendekatan psikologi indigenous. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 2(1), 15-22. https://doi.org/10.24014/pib.v2i1.11703

Fisabilillah, R. I., Syari, W., & Parinduri, S. K. (2020). Gambaran pelaksanaan manajemen pelayanan poskestren (pos kesehatan pesantren) di pondok pesantren Daarul Rahman 3 kota Depok tahun 2020. Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 3(5), 501-511. https://doi.org/10.32832/PRO.V3I5.4206

Gumelar, F., & Ardyanto, D. (2018). Hubungan kepatuhan dan pengetahuan tentang APD dengan safety talk di unit maintenance perusahaan semen. Journal of Public Health Research and Community Health Development, 1(2), 155-165. https://doi.org/10.20473/jphrecode.v1i2.16247

Haghighathoseini, A., Bobarshad, H., Saghafi, F., Rezaei, M. S., & Bagherzadeh, N. (2018). Hospital enterprise architecture framework (study of Iranian University Hospital organization). International Journal of Medical Informatics, 114, 88–100. https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2018.03.009

Irma, Rasyid, A., Yendra, & Suratini, (2019). Efek mediasi obedience antara komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai pada kantor unit penyelenggara bandar udara kelas I Utama Jayapura. The Journal of Business and Management Research, 2(1), 133–144. https://core.ac.uk/download/pdf/327194112.pdf

Juniartika, R., Mariana, R., & Nastasia, K. (2013). Kepatuhan terhadap peraturan sekolah pada siswa di SMK XX Padang. Jurnal Penelitian, 3(2), 1-6. https://www.academia.edu/16590921/Kepatuhan_Terhadap_Peraturan_Sekolah_Pada_Siswa_di_SMK_XX_PADANG

Kartini, D. A., Amqam, H., Djajakusli, R., Mallongi, A., Daud, A., & Moedjione, A. I. (2019). Hazard analysis critical control point (HACCP) in Nutritional Installation of Hasanuddin University Hospital Makassar. International Journal of Science and Healthcare Research, 4(3), 32-38. www.ijshr.com

Pertiwi, Y. W., Hutahaean, E. S. H., Perdini, T. A., & Novitasari, F. (2022). Mapping the construct of obedience in education. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(12)), 308–315. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v9i12.4233

Lase, Delipite. (2023). Pengembangan sumber daya manusia. Sumatera Utara: Universitas Nias.

Mutia, S. A., Putri, S. A., Fidora, I., Susanti, E., & Azwita, S. N. (2021). Gambaran kepatuhan penggunaan alat pelindung diri petugas di Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Adnaan WD Payakumbuh. Jurnal Amanah Kesehatan, 3(2), 185–190. https://doi.org/10.55866/jak.v3i2.125

Nurani, R. D. (2018). Hubungan konformitas teman sebaya dan kontrol diri dengan kepatuhan terhadap peraturan sekolah pada siswa di the correlation of peer-conformity and self control with obedience on. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 179–189.

Riawati, & Wijaya, L. (2022). Analisis persepsi pasien tentang mutu pelayanan rumah sakit dan hubungannya dengan kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Ar-Royyan Indralaya. Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan, 12(23), 61–69.

Rumah Sakit X. (2022). Buku pedoman service excellence rumah sakit X.

Salama, N., El-Rahman, M. J., & Sholihin, M. (2020). Investigation into obedience in the face of unethical behavior. Psikohumaniora, 5(2), 207–218. https://doi.org/10.21580/pjpp.v5i2.7074

Sears, Dahid O., Freedman, Jonathan L., & Peplau L. Anne. (2005). Psikologi sosial. Alih Bahasa: Michael, A. Jilid kedua. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Suleman, D. (2020). Disiplin: Sikap dan perilaku taat. Scientific Journal of Reflection, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i1.111

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan pemberlakuan lockdown sebagai antisipasi penyebaran corona virus COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar i, 7(3), 227-238. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083




DOI: https://doi.org/10.24167/psidim.v23i1.11563

Print ISSN : 1411-6073 | online ISSN : 2579-6321 View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.