ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI #WAJARPERTAMAXNAIK DALAM KASUS KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR PERTAMAX DI TWITTER

Andra Ramadhan Ramadhan, Eko Hartanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antar aktor pada analisis jaringan komunikasi di level aktor dan tweet atau cuitan apa yang dibahas pada #WajarPertamaxNaik melalui media sosial Twitter. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan Social Network Analysis (SNA), dengan crawling data menggunakan website Netlytic.org dan hasil untuk memeriksa data relasional bukan hanya pada karakteristik atribut aktor individu, dan berfokus pada menjelaskan pola hubungan antara aktor, dan menganalisis struktur pola- pola dengan menggunakan aplikasi gephi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2500 cuitan Twitter dengan #WajarPertamaxNaik pada tanggal 1 April 2022 dan sampel yang didapat pada crawling data dan olah data sebanyak 1074 aktor (nodes). Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Computer Mediated Communication (CMC), Komunikasi Politik dan Media Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun cybsquad_adalah aktor sentralitas tingkatan yang memiliki tingkat kepopuleran paling tinggi, akun 13_udien adalah aktor sentralitas kedekatan yang memiliki kedekatan jarak antara aktor satu dengan aktor lainnya, aktor Mertuabijak adalah aktor sentralitas keperantaraan yang menjadi aktor penghubung komunikasi pada jaringan komunikasi yang berbeda, dan aktor cybsquad_ adalah aktor sentralitas eigenvektor yang menjadi aktor penting dalam jaringan komunikasi dengan aktor lainnya.


Keywords


Harga BBM; Pertamax; Analisis Jaringan Sosial; Twitter

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v3i2.5265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats