Analisis Brand Equity Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang pada Mahasiswa
Abstract
Brand equity memiliki peran penting dalam meningkatkan nilai suatu merek dan menciptakan daya tarik bagi konsumen, termasuk dalam dunia sektor pendidikan yaitu perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan perguruan tinggi yang memiliki brand equity tinggilah yang akan sanggup bertahan dan meningkatkan eksistensi dalam dunia pendidikan tinggi. Selain itu, brand equity juga menjadi salah satu hal penentu yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian, yang mana dalam hal ini ialah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam menentukan perguruan tinggi untuk menempuh studi lanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai brand equity berdasarkan masing-masing nilai sub-variabel yang ada. Sub-variabel tersebut yaitu brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty. Seluruhnya memiliki dimensinya masing-masing yang saling berkontribusi dalam menciptakan nilai ekuitas merek. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang dengan tahun akademik 2017/2018, dengan sampel penelitian 332 responden menggunakan teknik simple random sampling. Setelah melakukan penelitian, maka diperoleh data yang dianalisis secara deskriptif dan statistik pada program IBM SPSS Statistic 26. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa nilai brand equity pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang berada pada kategori baik. Subjek penelitian berhasil menempati posisi Top of Mind dengan nilai 86% pada bagian brand awareness, mendapatkan nilai rata-rata 2,87 untuk bagian brand association, mendapatkan nilai rata-rata 2,98 untuk bagian perceived quality, dan membentuk piramida terbalik pada bagian brand loyalty dengan 82% responden berada pada tingkatan committed buyer.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Armelini, G., & Villanueva, J. (2010). Marketing Expenditures and Word of Mouth Communication : Complements or Substitutes. Hanover: Now Publishers.
Debora, Yanita. Tirto.id. (2016, Desember 05). Diakses dari Tirto.id: https://tirto.id/berapa-besar-pengaruh-ulasan-pembeli-saat-berbelanja-online-b7Gm pada Sabtu, 20 Februari 2021 pukul 23.37 WIB
Dewanti, R., Masruroh, M., & Doni, B. (2007). Analisis Brand Equity Bina Nusantara University di Lingkungan SMU Jakarta. The Winners, 8(2), 197-213. Diakses dari https://journal.binus.ac.id/index.php/winners/article/view/740 pada Kamis, 11 Februari 2021 pukul 21.12
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Fayrene, C. Y., & Lee, G. C. (2011). Customer-based brand equity: A literature review. Researchers World, 2(1), 33. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/312661241_Customer-based_brand_equity_a_literature_review pada Kamis, 25 Februari 2021 pukul 00. 47 WIB
Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2(2), 259334. Diakses dari https://www.neliti.com/publications/259334/validitas-isi-tahap-awal-pengembangan-kuesioner pada Minggu, 25 Oktober 2021 pukul 23.47 WIB
Hermawan, A. (2017). Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung Pemustaka pada Perpustakaan Daerah Salatiga. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 3(1), 59-79. Diakses dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/16071 Pada Sabtu, 20 Februari 2021 pukul 23. 32 WIB
Ifdil, I. (2010). Pendidikan Karakter dalam Bimbingan dan Konseling. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 55-61. Diakses dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/2232/1853 pada Minggu, 21 Februari 2021 pukul 00.47 WIB
Irawan, Novan Catur. (2012). Pengaruh Brand Equity terhadap Pembelian Ulang Produk (Studi Eksplanatif Kuantitatif Perbandingan antara Eiger dan Rei pada Mahasiswa Pecinta Alam di Yogyakarta). Disertasi Doktoral. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Diakses dari http://e-journal.uajy.ac.id/606/ pada Kamis, 11 Februari 2021 pukul 22.56 WIB
Kotler, Philip & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Lee, G. C., & Leh, F. C. Y. (2011). Dimensions of customer-based brand equity: A study on Malaysian brands. Journal of Marketing Research and Case Studies, 2011(2011), 1-10. Diakses dari https://ibimapublishing.com/articles/JMRCS/2011/821981/821981.pdf. pada Sabtu, 20 Februari 2021 pukul 22.14 WIB
Nielsen. (2015). Global Trust In Advertising: Winning Strategies For An Evolving Media Landscape. Diakses dari https://www.nielsen.com/eu/en/insights/report/2015/global-trust-in-advertising-2015/# pada Sabtu, 20 Februari 2021 pukul 23.02 WIB
Nigam, A., & Kaushik, R. (2011). Impact of brand equity on customer purchase decisions: An empirical investigation with special reference to hatchback car owners in central Haryana. International Journal of Computational Engineering & Management, 12, 121-128. Diakses dari http://ijcem.org/papers42011/42011_29.pdf pada Rabu, 24 Februari 2021 pukul 23. 34 WIB
Paramita, E. L., & Wijaya, T. (2014). Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Kamera DSLR. Jurnal Ilmiah, 2(13), 12-19. Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/4729 pada Sabtu, 20 Februari 2021 pukul 23. 48 WIB
Putri, K. P., & Ratnawati, I. (2011). Analisis Pengaruh Brand Image, Biaya Pendidikan, dan Fasilitas Pendidikan terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi pada Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang Disertasi Doktroal. Semarang: Universitas Diponegoro. Diakses dari http://eprints.undip.ac.id/30905/ pada Rabu, 24 Februari 2021 pukul 22. 12 WIB
Rangkuti, Freddy. (2009). The Power of Brands. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Virvilaite, R., Tumasonyte, D., & Sliburyte, L. (2015). The influence of word of mouth communication on brand equity: Receiver perspectives. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 213, 641-646. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/286542694_The_Influence_of_Word_of_Mouth_Communication_on_Brand_Equity_Receiver_Perspectives pada Minggu, 21 Februari 2021 pukul 00.47 WIB
Setyanto, Y., Anggarina, P. T., & Valentina, A. (2017). “Branding yang Dilakukan Humas pada Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(1), 171-182. Diakses dari https://journal.untar.ac.id/index.php/jmishumsen/article/view/347/288 pada Sabtu. 20 Februari 2021 pukul 21.05 WIB
Silverman, G. (2011). The Secrets of Word of Mouth Marketing: How to Trigger Exponential Sales Through Runaway Word of Mouth. New York: Amacom
Sudarwati, W., & Tikwalau, D. E. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa-Siswa SMU/SMK Terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 1(1). Diakses dari https://jurnal.umj.ac.id/index.php/jisi/article/view/927/847 pada Rabu, 24 Februari 2021 pukul 21. 32 WIB
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Virvilaite, R., Tumasonyte, D., & Sliburyte, L. (2015). The influence of word of mouth communication on brand equity: Receiver perspectives. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 213, 641-646. Diakses dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815058206 pada Sabtu, 20 Februari 2021 pukul 22. 55 WIB
Wijaya, Nur M. A. (2010). Pengaruh Konseling Karir terhadap Kesiapan Memilih Karir (Suatu Studi mengenai Pengaruh Konseling Karir dengan Menggunakan Metode Trait And Factor Williamson terhadap Peningkatan Kesiapan dalam Memilih Karir Pada Siswa Kelas XI SMA ”X” di Kota Bandung). S2 Thesis. Bandung: Universitas Kristen Maranatha. Diakses dari http://repository.maranatha.edu/8375/ pada Rabu, 24 Februari 2021 pukul 20. 46 WIB
Wiludjeng, S., & Faritzal, A. (2008). Persepsi Mahasiswa Baru Tentang Brand Equity Universitas Widyatama. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 9, 1694-1703. Diakses dari https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3247/CONTENT%20SRI%20W%20%2B%20ADAM.pdf?sequence=5 pada Kamis, 11 Februari 2021 pukul 19. 42 WIB
DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v2i2.4513
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats