Pengaruh Kredibilitas dan Terpaan Iklan Gojek Versi “BTX - It's Okay To Be Lebay” di Youtube Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Gojek Pada Era New Normal

Astiyani Lestari, Budi Santoso

Abstract


Kredibilitas adalah persepsi yang dimiliki oleh khalayak tentang komunikator. Dampak pesan terhadap khalayak dipengaruhi oleh bagaimana khalayak memandang pengirim pesan atau bagaimana kredibilitas komunikator dalam pandangan khalayak. Iklan adalah elemen komunikasi pemasaran yang persuasif, nonpersonal, dibayar oleh sponsor, dan disebarkan melalui saluran komunikasi massa untuk mempromosikan pemakaian barang atau jasa. Pengambilan keputusan diartikan sebagai proses manusia yang didasarkan pada premis nilai dan fakta serta berdasarkan fenomena personal dan sosial, yang bertujuan untuk menentukan pilihan dari berbagai pilihan untuk bergerak menuju situasi yang ideal. Judul penelitian ini adalah Pengaruh Kredibilitas dan Terpaan Iklan Gojek Versi “BTX - It's Okay To Be Lebay” Di YouTube Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Gojek Pada Era New Normal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R dan teori AIDDA. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin didapatkan 400 responden. Hasil dari analisis penelitian ini adalah variabel kredibilitas dan terpaan iklan, keduanya secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah pada kedua variabel independen yaitu kredibilitas dan terpaan iklan Gojek versi “BTX - It's Okay to be Lebay” di YouTube terhadap variabel dependen keputusan menggunakan jasa Gojek pada era new normal terdapat pengaruh yang signifikan. Saran untuk para peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian dengan objek yang sama, maka disarankan untuk mengubah variabel independen dan juga masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian pengguna Gojek selain faktor kredibilitas dan terpaan iklan.

Keywords


Kredibilitas; Terpaan Iklan; Keputusan; Gojek; New Normal

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A., R. Batra dan J. G Myers. 1996. Advertising Management (5th Edition). New Jersey : Prentice Hall.

Ardianto, Elvinaro dan Erdinaya Lukiati Komala. 2005. Komunikasi Massa. Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

__________________. 2019. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Asnawir, 2006. Manajemen Pendidikan, Padang : IAIN IB Press.

Atmosudirjo, P. 1990. Dasar-dasar Administrasi Negara. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Baskoro, A. 2009. Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta : PT Trans Media.

Bearden, William O., Ingram, Thomas N., and LaForge, Raymond W, 2007. Marketing Management: Knowledge and Skills, International Edition. New York : McGraw-Hill.

Bungin, Burhan. 2014. Metode Penelitian Sosial: Format-Format Kuantitatif & Kualitatif. Airlangga University Press.

Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung : Pustaka Setia.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_____________________. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8 Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jefkins, Frank. 1985. Advertising. Jakarta : Erlangga.

Kennedy, J. E. dan R. D. Soemanagara. 2006. Marketing Communication: Taktik dan Strategi. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia.

Klepper, Otto. 2000. Advertising Procedure. New Jersey : Prentice Hall.

Koontz. 1998. Manajemen.terj.Tim Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Jakarta : Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2016. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.

Lunenburg, F. C. 2010. The Decision Making Process. National Forum Of Educational Administration And Supervision Journal. Vol. 27. No. 4, 1-11.

McQuail, Dennis and Sven Windahl. 1993. Communication Models: For The Study of Mass Communication. 2 nd Edition. New York: Longman Inc.

Moleong, Lexy J. (2010), Metodologi penelitian kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 1996. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin. 1998. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

_________________. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Salusu, J. 2004. Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sianipar, A. P. 2013. Pemanfaatan youtube di kalangan mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW. Vol. 2(3), 1–10.

Siagian, P. Sondang. 2008. Filsafat Administrasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Steiner, A. George. 2010. Kebijakan Strategi Manajemen, terj. Tim Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2002. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.

_______. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.

_______. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.

Sukandarrumidi. 2012. Metodologi Penelitian. Cetakan Keempat. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Badan Pusat Statistik. 2021. Badan Pusat Statistik Kota Bekasi. https://bekasikota.bps.go.id/. Diakses Pada Sabtu, 31 Juli 2021 Pukul 15:00.

Kompas.com. 2020. Sering Disebut-sebut, Apa Itu New Normal?. https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/16/164600865/sering-disebut-sebut-apa-itu-new-normal-?page=all. Diakses Pada Sabtu, 22 Mei 2021 Pukul 15:19.




DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v2i1.4047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats