KOMUNIKASI OVERSHARING DAN MANAJEMEN PRIVASI GEN Z PADA FITUR CLOSE FRIENDS INSTAGRAM
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi fenomena komunikasi oversharing dan manajemen privasi pada Generasi Zmelalui fitur Close Friends di Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana pengguna muda mengekspresikan pengalaman pribadi dan mengelola batas privasi digital mereka dalam ruang daring semi-pribadi. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif interpretif dengan pendekatan kualitatif fenomenologi untuk mengungkap makna subjektif di balik perilaku keterbukaan diri berlebihan pada Generasi Z. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam semi-terstruktur terhadap enam partisipan berusia 18–25 tahun yang aktif menggunakan fitur Close Friends. Data tambahan diperoleh melalui observasi unggahan dan kajian pustaka sebagai pendukung analisis.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa perilaku oversharing pada Generasi Z didorong oleh kebutuhan untuk melepaskan emosi, mencari validasi sosial, serta rendahnya kesadaran terhadap risiko privasi digital. Para partisipan memandang Close Friends sebagai ruang aman untuk mengekspresikan diri, mencari perhatian, dan menjaga kedekatan sosial dengan teman sebaya. Namun, temuan juga mengungkap adanya gangguan batas privasi (boundary turbulence) ketika konten pribadi menyebar di luar audiens yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan teori Communication Privacy Management untuk menjelaskan bagaimana pengguna muda menegosiasikan keterbukaan dan privasi di era digital.
Keywords
References
Akhtar, H. (2020). Perilaku Oversharing di Media Sosial: Ancaman atau Peluang? Psikologika : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 25(2), 257–270. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss2.art7
Betty Yel, M., & M Nasution, M. K. (2022). Keamanan Informasi Data Pribadi Pada Media Sosial. Jurnal Informatika Kaputama( JIK), 6(1), 92–100.
Body, D. (2021). It ’ s Complicated : The Social Lives of Networked Teens it ’ s complicated (Issue January 2014). https://doi.org/10.12987/9780300166439
Child, J. T., & Petronio, S. (2011). Unpacking the paradoxes of privacy in CMC relationships: The challenges of blogging and relational communication on the internet. Computer-Mediated Communication in Personal Relationships, January 2011, 21–40.
Chiquita, O. C., & Febriana, P. (2023). Analisis Fenomena Hyperhonest Penggunaan Fitur Instagram Close Friends Dalam Batasan Privasi. Jurnal Komunikatif, 12(1), 23–36. https://doi.org/10.33508/jk.v12i1.4454
Emily A. Vogels, R. G.-W. and N. M. (2022). Emily A. Vogels, Risa Gelles-Watnick and Navid Massarat. Pew Research Center, August. https://www.pewresearch.org/wp-content/uploads/sites/20/2022/08/PI_2022.08.10_Teens-and-Tech_FINAL.pdf
Fajru Akbari Putra Sinik, F., Noor Rakhmad, W., Naryoso, A., Studi, P. S., & Komunikasi, I. (2024). Pengaruh Intensitas Komunikasi Orang Tua Dan Self Disclosure. https://fisip.undip.ac.id
Griffiths, M. D. (2013). Social Networking Addiction: Emerging Themes and Issues. Journal of Addiction Research & Therapy, 4(5), e118. https://doi.org/10.4172/2155-6105.1000e118
Kemp, S. (2020). Digital 2020: 3.8 billion people use social media. We Are Social UK. https://wearesocial.com/uk/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media/
Langi, P. S. A., Natsir, M., & Anam Syamsul. (2022). Utilization of Social Media Platforms in the Trade of Ready-To-Go Apparel At the Pertigaan Kampus Universitas. VALUE ADDED : Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 24–28.
Laverty, S. M. (2003). Hermeneutic Phenomenology and Phenomenology: A Comparison of Historical and Methodological Considerations. International Journal of Qualitative Methods , 2(3), 21–35. https://doi.org/10.1177/160940690300200303
Mc Mahon, C. (2015). Why do we “like” social media? The Psychologist, 28(9), 724–728. https://thepsychologist.bps.org.uk/volume-28/september-2015/why-do-we-social-media
Moustakas, C. E. (1994). Phenomenological Research Methods. SAGE Publications. https://methods.sagepub.com/book/mono/phenomenological-research-methods/toc
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media. https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/103810/media-sosial-perspektif-komunikasi-budaya-dan-sosioteknologi.html
Nur, H., Febrianto, E., Pratama, A. P., & Oktaviano, A. R. (2024). Bahaya Oversharing Pada Platform Instagram. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Bisnis (SENATIB) 2024, 473–477.
Pertiwi, W. K. (2021). Mengenal perilaku “Oversharing” di media sosial dan bahaya yang mengintai. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/08/09470077/mengenal-perilaku-Oversharing-di-media-sosial-dan-bahaya-yang-mengintai
Petronio, S. (2002). Boundaries of Privacy: Dialectics of Disclosure. SUNY Press. https://books.google.co.id/books?id=gTCsft8zVXgC
Petronio, S. (2011). Communication Privacy Management Theory (M. Allen (ed.)). SAGE Publications. https://sk.sagepub.com/ency/edvol/the-sage-encyclopedia-of-communication-research-methods/chpt/communication-privacy-management-theory
Petronio, S., & Child, J. T. (2020). Conceptualization and Operationalization: Utility of Communication Privacy Management Theory. Current Opinion in Psychology, 31, 76–82. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2019.08.009
Pratomo, Y. (2019). APJII: Jumlah pengguna internet di Indonesia tembus 171 juta jiwa. https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa
Radovic, A., Gmelin, T., Stein, B. D., & Miller, E. (2017). Depressed adolescents’ positive and negative use of social media. Journal of Adolescence, 55, 5–15. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2016.12.002
Sheldon, P., & Bryant, K. (2016). Instagram: Motives for Its Use and Relationship to Narcissism and Contextual Age. Computers in Human Behavior, 58, 89–97. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12.059
Tariq, M., & Fadli, S. (2021). Faktor-faktor yang Memengaruhi Oversharing pada Media Sosial: Studi Empiris pada Pengguna Generasi Z. Jurnal Psikologi Sosial, 15(2), 134–150.
Vidianti, Y. R., Nur Halizah, Anna Vita Angelina Naibaho, Istivani Farah Adibah, & Arista Pratama. (2023). Etika Penggunaan Media Sosial: Memahami Perilaku Oversharing Pada Aplikasi Instagram. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 535–541. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.447
Yosida, E. (2024). Persepsi Gen Z Mengenai Perilaku Oversharing di Media Sosial. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v9i1.4200
DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v6i1.14356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats



