MEMBINCANG BAGAIMANA MEDIA DARING YANG TERAFILIASI POLITIK MEMBERITAKAN PEMILU PADA HARI PENCOBLOSAN PILPRES 2024

Febriansyah Kulau, S.I.Kom., M.A., Irwa Rochimah Zarkasi, Cut Meutia Karolina, Gusmia Arianti

Abstract


Pemberitaan pada masa pemilihan presiden selalu menarik untuk diikuti. Termasuk pada pemilihan presiden 2024. Pada Pemilihan Presiden Indonesia 2024 telah menjadi diskursus yang sering dibicarakan di ruang publik. Hal ini dikarenakan, pada Pilpres 2024, anak sulung dari Presiden Joko Widodo ikut dalam kontestasi politik tersebut, yaitu Gibran Rakabuming Raka. Gibran pada Pilpres 2024 berpasangan dengan rival Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019, yaitu Prabowo Subianto. Ternyata kondisi tersebut membawa dukungan dari banyak pihak, salah satunya pemilik media. Tetapi pemilik media tidak hanya mendukung Paslon Prabowo-Gibran, Paslon Amin dan Ganjar-Mahfud juga mendapatkan dukungan serupa. Dukungan tersebut kerap kali termanifestasi pada pemberitaan, yang diproduksi oleh media tersebut, termasuk media online. Media online yang teridentifikasi memiliki kecenderungan terafiliasi paslon tertentu dikarenakan pemiliknya menjadi  pendukung paslon tertentu ialah Media Indonesia, Viva.co.id, iNews.id. Oleh karenanya penelitian ini tertarik untuk melihat seberapa jauh keberpihakan tersebut yang tercermin pada media online pendukung paslon tertentu. Dengan menggunakan analisis tematik yang didukung dengan penggunaan Nvivo 12 dalam pengelolaan datanya. Penelitian ini menemukan bahwa berita yang diproduksi oleh media oline memiliki kecenderungan tema yang diangkat dan kata yang sering digunakan dalam pemberitaanya. Penelitian ini juga akan menemukan perbedaan sentimen pada masing-masing tema yang diproduksi media online tersebut. Selain itu penelitian ini juga menemukan kata-kata yang sering digunakan oleh media online pada pemberitaanya.


Keywords


afiliasi media; analisis tematik; media daring; pemberitaan online

Full Text:

PDF PDF

References


Akmal, F., & Salman, A. (2015). Partisipasi politik belia secara ‘online’melalui ruang demokrasi maklumat media baru. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 31(1), 81-100.

Akatri, A. A. (2025). Analyzing Political Bias in Mainstream Media: Impact on Public Perception and Democracy. International Social Sciences And Education Journal, 3(10, 79-93.

Avery, J. M. (2009). Videomalaise or virtuous circle? The influence of the news media on political trust. The international journal of press/politics, 14(4), 410-433.

Bennett, W. L. (2016). News: The politics of illusion. University of Chicago Press.

Bolin, J. L., & Hamilton, L. C. (2018). The news you choose: News media preferences amplify views on climate change. Environmental Politics, 27(3), 455-476.

Boyatzis, R. E. (1998). Transforming qualitative information: Thematic analysis and code development. London: Sage.

Chadwick, A. (2017). The hybrid media system: Politics and power. Oxford University Press.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (Eds.). (2011). The Sage handbook of qualitative research. London: Sage.

Drake, B. (2014). Americans with just basic cell phones are a dwindling breed. https://www.pewresearch.org/short-reads/2014/01/09/americans-with-just-basic-cell-phones-are-a-dwindling-breed/

Dwi, C. (2024). Dunia "Panas"! 50 Negara Serentak Gelar Pemilu di 2024: RI-AS. https://www.cnbcindonesia.com/research/20240101125324-128-501768/dunia-panas-50-negara-serentak-gelar-pemilu-di-2024-ri-as

Entman, R. M. (2007). Framing bias: Media in the distribution of power. Journal of communication, 57(1), 163-173.

Flew, T. (2018). Social media and the cultural and creative industries. The SAGE handbook of social media, 512-526.

Guest, G., MacQueen, K.M., Namey, E.E. (2012). Applied thematic analysis. London: Sage Publications.

Hasfi, N., & Wijayanto, W. (2021). The practices of the journalism bias in the mainstream online media in covering the 2019 presidential election. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 6(1), 107-120.

Humanes, M. L., Martínez-Nicolás, M., & Saperas, E. (2013). Political journalism in Spain. Practices, roles and attitudes. Estudios sobre el mensaje periodístico, 19(2), 715-731.

Joy, M., Mark. M., Ahmed, M. (2024). Media Bias and Its Impact on Political Perception. International Journal of Intelligent Systems and Applications in Engineering, 9(4), 1-15.

Kartinawati, E., Pawito, P., Warto, W., Wijaya, M., & Purwasito, A. (2020). Political Preference of Media Owner, Power Abuse, and Bias (Case on Private Televisions in Indonesia). PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 6907-6917.

Kurnia, N. (2005). The Development of Communication Technology and New Media Implications for Communication Theory. Minutes Journal.

Lievrouw, L. A., & Livingstone, S. (2006). Introduction to the first edition (2002): The social shaping and consequences of ICTs. Handbook of new media: social shaping and social consequences of ICTs, 15-32.

Moskowitz, D. J. (2021). Local news, information, and the nationalization of US Elections. American Political Science Review, 115(1), 114-129.

McQuail, D. (2010). McQuail's mass communication theory. Sage publications.

Mutz, D. C., & Reeves, B. (2005). The new videomalaise: Effects of televised incivility on political trust. American Political Science Review, 99(1), 1-15.

Neuman, W. L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. London: Sage.

Pezzoni, F., An, J., Passarella, A., Crowcroft, J., & Conti, M. (2013, November). Why do I retweet it? An information propagation model for microblogs. In International Conference on social informatics (pp. 360-369). Cham: Springer International Publishing.

Vosoughi, S., Roy, D., & Aral, S. (2018). The spread of true and false news online. science, 359(6380), 1146-1151.

Walliman, N. (2021). Research methods: The basics. London: Routledge.




DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v6i1.12713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats