Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran Umkm Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19

Rotumiar Pasaribu

Abstract


Masa pandemi Covid-19 menjadi masa yang sulit bagi beberapa aspek termasuk dunia pemasaran. Hal tersebut juga dirasakan oleh para pelaku usaha UMKM. Melalui pendampingan bagi beberapa mitra pada Mata Kuliah Komunikasi Pemasaran maka penting untuk mencari tahu apakah penggunaan media online dapat membantu pertahanan dan perjalanan hidup UMKM. Tolok ukur yang digunakan untuk mencari tahu ketepatan penggunaan media online dapat dilihat dari segi mode transmisi, waktu, konteks, format dan reception. Responden yang menjadi mitra penelitian adalah para pelaku UMKM yang baru menjalankan usahanya dan belum memiliki mode pemasaran yang stabil. Selain itu, pemilihan responden juga dilihat dari merosotnya penjualan selama masa pandemi Covid-19 ini muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media online memberikan dapak positif bagi stabilitas kehidupan usaha. Kombinasi dari mode transmisi, waktu, konteks dan format yang tepat pada media online ini menghasilkan dampak positif pada timbal balik, baik dari segi proses komunikasi maupun dari peningkatan penjualan.  Selain itu alat komunikasi pemasaran seperti periklanan, direct marketing, sales promotion, E-WOM dan public relations dapat tetap diorganisir dengan menggunakan media online. Alat pemasaran yang paling menunjukkan hasil yang signifikan adalah penggunaan direct marketing dan sales promotion. Meskipun demikian, para pelaku usaha mengaku bahwa pesan promosi pemasaran masih terdampak lebih besar jika dilakukan dengan tatap muka langsung.


Keywords


UMKM, media online, promosi pemasaran, pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Chianasta, F. P. dan Wijaya. S. (2014). The impact of marketing promotion through social media on people’s buying decision of Lenovo in internet era: A survey of social media users in Indonesia. International Journal of Scientific and Research Publications, 4(1). 1-6.

Dahlan, M. (2017). Peran pengabdian pada masyarakat dalam pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). 81-86.

Fill, Chris. (2009). Marketing communications: Interactivity, communities, and content (5th ed.). Pearson Education Limited.

Irham, M. (19 Maret 2020). Virus corona: UMKM diterjang pandemi Covid-19 sampai 'kembang kempis'. BBC.com. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51946817

Kristiyanti, M dan Rahmasari, L. (2015). Website sebagai media pemasaran produk-produk unggulan UMKM di Kota Semarang. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 13(2). 186-196.

Moriuchi, E. (2016). Social media marketing: Strategies in utilizing consumer-generated content. Business Expert Press.

Pickton, D. and Broderick, A. (2005). Integrated marketing communication (2ndedition). Pearson Education Limited.

Putri, A. S. (20 Desember 2019). Peran UMKM dalam perekonomian Indonesia. Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/20/120000469/peran-umkm-dalam-perekonomian-indonesia?page=al

Simanjorang, S. (6 Juni 2020). Nasib UMKM di tengah pandemi Covid-19. Investor.id. https://investor.id/opinion/nasib-umkm-di-tengah-pandemi-covid19

Wiguna, D. K. S. (19 Juni 2020). Selama pandemi COVID-19, sebanyak 301.115 UMKM beralih ke digital. Antaranews.com. https://www.antaranews.com/berita/1563584/selama-pandemi-covid-19-sebanyak-301115-umkm-beralih-ke-digital

Zuraya, N. (4 Februari 2020). Kemenkominfo harapkan UMKM manfaatkan pasar digital. Republika.co.id. https://republika.co.id/berita/q561cd383/kemenkominfo-harapkan-umkm-manfaatkan-pasar-digital




DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v1i1.2848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats