Audit Komunikasi Instagram @Jokowi Yang Dikelola Oleh Tim Komunikasi Digital Presiden

Andreas Pandiangan, Sella Ikhwanus Shafa,



Abstract

Salah satu media sosial yang saat ini sedang marak digunakan adalah Instagram. Instagram juga digunakan oleh humas pemerintah dalam menyampaikan informasi berupa gambar, video, musik, grafik, dan masih banyak lagi. Tujuannya tak lain untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat luas melalui dunia maya. Jokowi sebagai Presiden Indonesia dalam menjalankan tugasnya juga menggunakan akun Instagram. Komunikasi organisasi di swasta atau pemerintahan perlu dievaluasi atau biasa dikenal dengan audit komunikasi. Tujuannya untuk mengetahui kendala apa yang terjadi dalam organisasi secara internal maupun ekternal. Riset yang berjudul Audit Komunikasi Instagram @jokowi (4 Januari 2016-23 Maret 2019) ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses pengelolaan Instagram @Jokowi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara dengan pengelola Instagram @jokowi yaitu Tim Komunikasi Digital Presiden. Hasilnya akan dipasangkan dengan observasi unggahan  Instagram @jokowi. Hasil penelitian ini menggambarkan proses pelaksanaan audit komunikasi yang sudah baik dan berjalan sesuai dengan Pedoman Umum Audit Komunikasi di Lingkungan Instansi Pemerintah yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2011. Hal tersebut ditunjukkan melalui lima unit analisis yaitu organisasi, manajemen, isi informasi, proses komunikasi dan umpan balik. Audit komunikasi yang dilakukan di setiap organisasi bertujuan untuk meningkatkan kinerja organisasi.


Save to Mendeley



Keywords

Komunikasi Organisasi, Audit Komunikasi, Instagram @jokowi.

Full Text:

PDF

References

Ajo. (7 Mei 2018). Kemkominfo: Pengguna internet di Indonesia capai 82 Juta. Kominfo.go.id.https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Peng una+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker

Hardjana, A. (2000). Audit komunikasi: Teori dan praktek. Grasindo.

Hardjana, A. (2014). Audit komunikasi internal. Interact, 3(2). 1-17.

Hardjana, A. (2016). Komunikasi organisasi: Strategi dan kompetensi. Penerbit Buku Kompas.

Kriyantono, R. (2006). Teknik praktis riset komunikasi. Kencana Prenadamedia Group.

Mohammed, R. (2015). Audit komunikasi: Pendekatan dan metode asesmen sistem informasi komunikasi dalam organisasi. Prenadamedia Group.

Nistanto, R. K. (29 Januari 2016). Ini akun instagram resmi presiden jokowi. Kompas.com. https://tekno.kompas.com/read/2016/01/29/06310027/Ini.Akun.Instagram.RmiPresiden.Jokowi

Pace, R. W. (2000). Komunikasi organisasi: Strategi meningkatkan kinerja perusahaan. PT Remaja Rosdakarya.

Randle, P. (2013). Social media audit. Arlington.

Sugiyono. (2016). Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta.

Tim Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (April 2018). Potret zaman now pengguna & perilaku internet Indonesia. Buletin APJII, Edisi 23. 1. https://apjii.or.id/content/read/104/357/BULETIN-APJII-EDISI-23---April-2018

Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 105 Tahun 2015 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Informasi Dan Komunikasi Golongan Pokok Kegiatan Jasa Informasi Pada Jabatan KerjaAuditor Komunikasi.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemanfaatan Media Sosial Instansi Pemerintah.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokasi Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2011 Tentang Pedoman Umum Audit Komunikasi Di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Tim Komunikasi Digital Presiden (TKDP) melalui surat elekktronik pada tanggal 14 Agustus 2019.


DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v1i1.2846

Article Metrics

Abstract viewed : 38 times
PDF files downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats