Analisis Poster Pilkada Indonesia Di Tengah Pandemi Covid-19

Ryan Sheehan Nababan

Abstract


Tujuan utama penelitian adalah untuk menemukan dan mengungkap elemen-elemen verbal dan visual pembentuk poster dan nilai komunikasi pada poster.Pilkada keluaran KPU di tengah pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi daring, perekaman audio, studi literatur, dan analisa konten. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menampilkan elemen verbal visual pada poster. Hal ini agar poster memiliki nilai daya tarik, efektifitas, efisiensi, nilai kreatifitas, serta nilai komunikatif, sehingga dapat memberikan pemahaman informasi, mempengaruhi, dan mengajak target sasaran sesuai dengan inti isi pesan.


Keywords


COVID-19, desain komunikasi visual, verbal visual, pilkada, poster

References


Janottama, I P. A., dan Putraka, A. A. A. (2017). Gaya dan Teknik Perancangan Ilustrasi Tokoh pada Cerita Rakyat Bali. Segara Widya, 05, 25 – 41. https://doi.org/10.31091/sw.v5i0.189.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills, CA.: Sage Publications.

Nababan, R. S. (2020). Peran Komunikasi Visual di Tengah Pandemic COVID-19. Dalam Hartono, H. (Eds.), “di Rumah Unika”: Diskusi Rutin Bersama Hadapi Covid-19 oleh Unika (pp. 139-154). SCU Knowledge Media.

Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif (1st ed.). Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Sumber Internet

Republik Indonesia. Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana NonAlam Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). No. 6 Tahun 2020.




DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v3i1.2983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats