Efektivitas Intervensi Media Poster Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Pasien Terhadap Poster Di Rumah Sakit

Indra Adi Susianto, Perigrenus Sebong, Hervyasti Purwiandari

Abstract


Pneumonia adalah penyakit infeksi akut yang mengenai parenkim paru, distal dari bronkiolus terminalis yang mencakup bronkiolus respiratorius dan alveoli, serta menimbulkan konsolidasi jaringan paru dan gangguan pertukaran gas setempat. Upaya untk mencegah kejadian pneumonia adalah vaksinasi. Untuk bisa meningkatkan akses masyarakat untuk layanan vaksinasi maka diperlukan media edukasi berupa poster. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan efektivitas intervensi media poster pada pasien di Rumah Sakit. Media informasi kesehatan vaksin pneumonia pada penelitian ini menggunakan poster yang mempunyai jenis poster berupa propaganda dan poster jenis teaser. Dari hasil kuisioner yang dibagikan ke pada para pasien terhadap 2 jenis poster dengan isi yang sama, ternyata pasien lebih ingin tertarik dan mencari informasi lebih lenjut terhadap poster tipe teaser dibandingkan dengan tipe jenis propaganda. Untuk meningkatkan akses terhadap vaksin, maka poster bisa digunakan sebagai media informasi edukatif kepada masyarakat.


Keywords


Pneumonia, Poster, Vaksin, Propoganda, Teaser, Edukasi kesehatan

References


Lang, E., Wyer, P. & Haynes, B. Knowledge translation: closing the evidence-to-practice gap. Annals of Emergency Medicine 2007, 49, 355–363.

Davis, D., Evans, M., Jadad, A., Perrier, L., Rath, D., Ryan, D., Sibbald, G., Straus, S., Rappolt, S., Wowk, M. & Zwarenstein, M. The case for knowledge translation: short- ening the journey from evidence to effect. BMJ 2003, 237, 33–35.

Hoare Z, Wei SL. Pneumonia: update on diagnosis and management. BMJ. 2006;332(7549):1077-9

Glasziou, P. & Haynes, B. The paths from research to improved health outcome. Evidence-Based Nursing 2005, 8, 36–38.

Berg, J. Creating a professional poster presentation: focus on nurse practitioners. Journal of the American Academy of Nurse Practitioners 2005, 17, 245–248.

Randolph, W. & Viswanath, K. Lessons learned from public health mass media campaigns: marketing health in a crowded media world. Annual Review of Public Health 2004, 25, 419–437.

Hess, G. R., Tosney, K. W. & Liegel, L. H. (2009) Creating effective poster presentations: AMEE Guide no. 40, 31, pp. 319-321. doi: 10.1080/0142159090282513

Nishta, r. S., Zoka, N., Nishtar, S. S., Khan, S. Y., Jehan, S. & Mirza, Y. A. Posters as a tool for disseminating health related information in a developing country: a pilot experi- ence. JPMA – Journal of the Pakistan Medical Association 2004, 54, 456460

Grant, M. & Booth, A. A typology of reviews: an analysis of 14 review types and associated methodologies. Health Informationand Libraries Journal 2009, 26, 91–108.

Keely, B. Planning and creating effective scientific posters. The Journal of Continuing Education in Nursing 2004, 35, 182.

Marx, J. J., Nedelmann, M., Haertle, B., Dieterich, M. & Eicke, B. M. An educational multimedia campaign has dif- ferential effects on public stroke knowledge and care-seek- ing behavior. Journal of Neurology 2008, 255, 378–384.

De Simone, R., Rodrian, J., Osswald, B., Sack, F., De Simone, E. & Hagl, S. Initial experience with a new com- munication tool: the `Digital Interactive Poster Presentation’. European Journal of Cardio-thoracic Surgery 2001, 19, 953–955.




DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v3i1.2971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats