ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI VISUAL : STUDI KASUS TOKOPEDIA X BTS

Lie,Nathasia Aurelia Lie,Nathasia Aurelia Harianto

Abstract


Perkembangan komunikasi era digital pada social media di masa sekarang sudah memberi perubahan banyak dalam kehidupan masyarakat. Terutama dalam bisnis e-commerce. secara keseluruhan perusahaan yang berhasil mencapai keterlibatan pelanggan yang tinggi, menggunakan  media sosial ke dalam strategi komunikasi mereka. Media social juga terdapat kemampuannya untuk menyampaikan pesan secara cepat dan langsung kepada audiens yang sangat luas. Dalam Penelitian ini penulis akan membahas visual yang membantu iklan kolaborasi Tokopedia x BTS ini dapat menarik perhatian masyarakat khususnya KPOPERS. Media iklan yang  digunakan sebagai objek penelitian adalah iklan dalam Tiktok Tokopedia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan visual dalam komunikasi iklan Tokopedia x BTS dapat menaikan engagement. Penelitian ini akan berfokus pada visual yang di sajikan dalam iklan tersebut. Hasil yang di peroleh menunjukan bahwa strategi komunikasi visual yang dilakukan oleh Tokopedia sudah sesuai, dalam penggunaan warna, tipografi, teknik video,pemilihan icon, brand identity dan brand image yang dimunculkan. sehingga pesan dalam iklan tersebut tersampaikan dengan baik. Dalam mempromosikan iklan suatu brand di media sosial, sangat di butuhkan strategi komunikasi visual yang dapat membantu dalam pembuatan konten. sangat penting untuk pemilik suatu brand terutama pengelola media sosial suatu brand tersebut, dengan memperhatikan dan mengaplikasikan strategi visual tersebut yang sesuai dengan target sasaran dan citra brand


Keywords


strategi desain komunikasi visual; iklan; komunikasi; social media; brand



DOI: https://doi.org/10.24167/tuturrupa.v8i1.12887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats