KAJIAN INTERAKSI DAN MINAT PENGGUNA PADA MEDIA DIGITAL INTERAKTIF BERDASARKAN USER-CENTERED DESIGN
Abstract
Perkembangan teknologi yang berdampak pada perubahan cara berkomunikasi juga ikut berdampak pada perilaku digital masyarakat. Perilaku digital yang terutama bersifat personal dikhususkan pada perilaku individu saat menggunakan media digital interaktif seperti smartphone. Interface, mekanisme, dan fitur atau sistem yang terintegrasi pada sebuah media digital interaktif juga turut menentukan bagaimana penguna berinteraksi dengna media tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji model interaktivitas antara pengguna (user) media digital yang berorientasi pada prinsip user-centered design. Dalam hal ini, interaksi antara pengguna dan media digital interaktif akan diobservasi dengan menggunakan kerangka dasar desain yang berpusat pada pengguna. Interaksi dan minat pengguna dikaji berdasarkan media digital interaktif yang dipilih. Interaksi pengguna dengan media interaktif akan diamati dan digunakan sebagai dasar pembuatan model interaktif. Metode yang digunakan adalah kualitatif melalui observasi dan kajian literatur (literature review). Observasi dilakukan untuk mengkategorikan need dan issue, sementara pola dan minat pengguna digunakan sebagai variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyektifitas pengguna merupakan faktor untuk menentukan media, cara akses media, serta mendefinisikan kebutuhan pengguna atas media Interaktif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24167/tuturrupa.v5i2.11204
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats