ANALISIS VISUAL PADA KEMASAN DANISH MONDE EGG DROP BISCUIT DENGAN TEORI SEMIOTIKA

Laurensia Priska Dyahayu

Abstract


Globalisasi mempermudah produk impor ditemukan di Indonesia dan perusahaan lokal memproduksi produk yang bervariatif. Hal tersebut membuat konsumen menghadapi banyak pilihan produk saat berbelanja. Salah satu cara brand menarik perhatian konusmen dan membedakan produk mereka dengan produk pesaing adalah dengan desain kemasan yang efektif. Tidak hanya itu, country of origin sebuah produk juga mempengaruhi persepsi konsumen terhadap sebuah produk. Kecenderungan brand lokal menggunakan visual luar negeri, terutama Eropa, untuk menjual produk berkualitas membuat nilai dan visual Eropa menjadi panutan untuk citra berkualitas serta mendukung pandangan bahwa produk lokal tidak sebagus produk barat. Salah satu kemasan di Indonesia yang menggunakan visual yang memberikan kesan Eropa adalah Danish Monde Egg Drop Biscuit. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa persepsi yang didapat oleh konsumen terhadap produk tersebut sehingga diperoleh gambaran tentang elemen visual apa yang membentuk persepsi tersebut. Hasil analisis penelitian ini menemukan bahwa kombinasi warna, ilustrasi, serta tipografi dapat mempengaruhi persepsi konsumen bahwa produk ini berkualitas karena berasal dari Eropa.


Keywords


kemasan makanan; semiotika; sistem semiotik pierce; danish monde,;nissin.



DOI: https://doi.org/10.24167/tuturrupa.v5i2.10813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats