MAKNA VISUAL PADA IKLAN TOLAK LINU HERBAL “BADAN SEGAR SEMUA LANCAR”

Valencia Stephanie Gunadi Adimuljo, Ryan Sheehan Nababan

Abstract


Iklan merupakan media untuk memasarkan produk sekaligus untuk menyampaikan pesan visual yang dapat mempengaruhi pola fikir masyarakat. Banyak perusahaan yang merancang iklannya dengan kreatif, salah satunya PT Sidomuncul yang memilih mengangkat tema kebudayaan Jawa pada iklan terbarunya Tolak Linu Herbal “Badan Segar Semua Lancar”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengungkap makna visual iklan Tolak Linu Herbal “Badan Segar Semua Lancar”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Sumber data yang digunakan menggunakan triangulasi data yaitu konten, literatur, dan dokumen. Pengumpulan data menggunakan pengunduhan video, pencatatan, dan kajian literatur. Teknik analisa data menggunakan analisa matriks. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa Tolak Linu menggunakan kolaborasi pendekatan budaya modern dan budaya tradisi Jawa untuk membangun mitos mengenai kemampuan obat tradisional berupa jamu yang praktis untuk dikonsumsi.


Keywords


budaya jawa; iklan; mitos; modernitas; semiotika



DOI: https://doi.org/10.24167/tuturrupa.v5i2.10678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats