TINJAUAN DESAIN MASKOT BACUYA TERHADAP BRAND IDENTITY PIALA DUNIA U-20 2023

Laurentius Sugondo, Louis Cahyo Kumolo Buntaran

Abstract


Piala Dunia merupakan acara yang dibuat dan dilaksanakan setiap 4 tahun sekali. Setiap negara tuan rumah yang dijadikan sebagai tempat untuk penyelenggaraan acara tersebut pasti selalu merilis maskot sebagai pendukung, serta mewakili acara dan citra dari negara tuan rumah tersebut. Indonesia menjadi salah satu negara yang dijadikan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dan telah merilis secara resmi maskot bernama Bacuya. Setelah berita tersebar, ternyata memicu banyak kritik dan penilaian terhadap visual maskot tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara visual tentang bentuk desain maskot Bacuya terhadap brand identity Piala Dunia U-20 2023, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif analitik untuk meninjau dan menganalisis. Penelitian ini menganalisis visual maskot menggunakan 3 prinsip bentuk dasar geometris yaitu lingkaran, kotak dan segitiga serta menggunakan prinsip psikologi warna untuk mengetahui kesesuaian peran maskot terhadap brand identity Piala Dunia U-20 2023. Dari penelitian ini ditemukan bahwa secara bentuk dan warna visual maskot tersebut masih terlihat kurang sesuai dengan brand identity dari Piala Dunia U-20 2023 karena belum dapat merepresentasikan karakter Indonesia selaku tuan rumah.


Keywords


brand Identity; bentuk; maskot; piala dunia



DOI: https://doi.org/10.24167/tuturrupa.v5i1.10312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats