KAJIAN SEMIOTIKA IKLAN BURN THAT AD BURGER KING BERBASIS AR DI HALAMAN YOUTUBE

Martinus Juan Jeremmy Yonathan

Abstract


Banyaknya persaingan iklan dari kompetitor di era digital untuk meraih audience. Burger King (BK) yang secara khusus menjual menu burger melihat bahwa sudah banyak kompetitor yang mencoba menyainginya dengan diperlihatkannya iklan kompetitor yang ada dimana-mana. Maka BK Brasil melakukan campaign iklan video dengan versi “Burn That Ad” dengan bantuan Augmented Reality (AR) melalui aplikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna dibalik penggunaan AR terhadap campaign video dan mengetahui pesan yang ingin disampaikan BK melalui iklan video di youtube tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk melakukan analisa terhadap data hasil dokumentasi, literatur ilmiah, dan wawancara dengan menggunakan teori semiologi Roland Barthes. Hasil dari analisis menunjukkan penggunaan AR yang efektif menarik banyak minat para konsumen untuk mendapatkan Whooper gratis melalui pembakaran secara virtual iklan kompetitor dengan mengunduh aplikasi BK hingga berdampak pada jumlah unduh aplikasi yang meningkat pesat.


Keywords


AR, Barthes, Iklan, Semiotika, Video



DOI: https://doi.org/10.24167/tuturrupa.v5i1.10228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats