POLA PEMBAGIAN LAHAN PEKARANGAN DI RUMAH TRADISIONAL JAWA BERDASAR SISTEM PEMBAGIAN WARISAN, STUDI KASUS: JERON BETENG, KRATON, YOGYAKARTA (House Yard Distribution Pattern in Javanese Traditional Houses Based on the Inheritance Distribution System Case Study: Jeron Banteng, Kraton, Yogyakarta)

Riandy Tarigan

Abstract


Budaya selalu berubah dan berkembang sesuai dengan perubahan alam pemikiran dari manusia pada tempat itu.Perubahan tersebut merupakan perwujudan alam pemikiran masyarakat yang bersifat kontradiktif antara mempertahankan masa lalu dengan perubahan yang disebabkan oleh perkembangan kebutuhan masyarakat. Salah satu aspek dari perubahan dalam rumah tradisional adalah perubahan kepemilikan yang disebabkan oleh pembagian warisan. Perubahan kepemilikan ini merupakan salah satu permasalahan signifikan dalam penataan pada permukiman tradisional. Perubahan kepemilikan secara tidak langsung akan mengakibatkan perubahan tata ruang dan massa bangunan tradisional yang diakibatkan perkembangan kebutuhan dari masing-masing rumah tinggaL Pada akhirnya, pembagian kepemilikan lahan dapat mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan permukiman tradisional sebagai warisan budaya yang perlu dipertahankan. Penelitian dilakukan di JI. Siliran, Jeron Seteng, Kraton Yogyakarta dengan metode kualitatifempiris. Data didapatkan melalui teknik wawancara mendalam. Kajian ini ditekankan pada rumah tradisional yang telah mengalami pembagian warisan. Dari penelitian tersebut didapat pola pembagian lahan pekarangan yang dapat menjadi rujukan dalam penataan rumah tradisional.

Keywords


perkembangan keluarga, pembagian warisan, pola pekarangan

Full Text:

PDF

References


Dakung, Sugiyarto, Drs., (1982), Arsitektur Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Yogyakarta: Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah.

Habraken, N.J., (1998), The Structure of The Ordinary: Form and Control in the Built Environment, Massachusetts: The MIT Press.

Mulder, Niels, (1983), Jawa-Tahiland : Beberapa Perbandingan Budaya, Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Rapoport, Amos, (1990), History and Precedent in Environment Design, New York: Plenum Press.

Ronald, Arya. 1990. Ciri-Ciri Karya Budaya Di Balik Tabir Keagungan Rumah Jawa, Yogyakarta: Penerbit Universitas Atmajaya.

Sairin, Sjafri. 2002. Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia: Perspektif Antropologi, Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Santosa, Revianto Budi, (2000), Omah : Membaca Makna Rumah Jawa, Yogyakarta: Penerbit Bentang Budaya.

Tedjosaputro, Liliana, (1952), Hukum Waris Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (AB-Intestato) , Semarang: Penerbit Agung Press.




DOI: https://doi.org/10.24167/tesa.v11i1.222

ISSN 1410-6094 (Print) | ISSN 2460-6367 (Media Online) | View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.