PENGARUH KETERBATASAN LAHAN TERHADAP TATA RUANG SEKOLAH DAN AKTIVITAS DI SMPN 102 JAKARTA (The Effect af Land Limitations on School Spatial Layout and Activities at SMPN 102 Jakarta)

Erlyn Septiyana Putri, Agus Dharma Tohjiwa

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan lahan di SMPN 102 Jakarta Timur yang berdampak pada tata ruang sekolah dan aktivitas pembelajaran. Fenomena ini relevan mengingat pentingnya desain tata ruang sekolah dalam mendukung efektivitas pembelajaran, terutama di kawasan urban dengan lahan terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh keterbatasan lahan pada tata ruang, menilai tata letak ruang sekolah, dan memahami pola pergerakan aktivitas di SMPN 102 Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan induktif untuk memahami hubungan antara keterbatasan lahan, tata ruang, dan aktivitas. Data dikumpulkan dari observasi langsung, pengukuran luas lahan, serta analisis fungsi dan sirkulasi ruang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbatasan lahan berdampak pada densitas ruang dan efisiensi penggunaannya. Tata ruang sekolah telah memanfaatkan desain linier untuk memaksimalkan lahan, namun sirkulasi antar ruang masih kurang optimal, terutama pada jam sibuk seperti pergantian kelas. Aktivitas siswa dan guru terhambat oleh keterbatasan ruang publik, seperti kantin dan lapangan. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa desain tata ruang yang adaptif diperlukan untuk mengatasi keterbatasan lahan. Saran utama adalah optimalisasi ruang multifungsi, peningkatan sirkulasi, dan pemanfaatan area vertikal untuk mendukung kenyamanan dan efisiensi aktivitas pembelajaran. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi perancangan sekolah di kawasan perkotaan dengan lahan terbatas.

Kata Kunci : Keterbatasan Lahan, Tata Ruang, Aktivitas Pembelajaran, Efisiensi Ruang, Sirkulasi Ruang


Keywords


Keterbatasan Lahan; Tata Ruang; Aktivitas Pembelajaran; Efisiensi Ruang; Sirkulasi Ruang

References


Barrett, P., Davies, F., Zhang, Y., &

Barrett, L. (2015). The impact of classroom design on pupils’ learning: Final results ofaholistic, multi-level analysis. Building and Environment, 89(February), 118–133. https://doi.org/10.1016/j.buildenv.2015.02.013

Berliner Architects. (2020). Circulation on a school campus. Retrieved from berliner-architects.com.

Cleveland, B., & Fisher, K. (2014). The Language of School Design: Design Patterns for 21st Century Schools. DesignShare, Inc

DK, C. (2002). Architecture Form, Space, and Order (4th edition). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Dudek, M. (2000). Architecture of Schools: The New Learning Environments. Oxford: Architectural Press.

Earthman, G. I. (2004). Prioritization of 31 Criteria for School Facility Assessment. Journal of Facilities Management, 2(1), 50–65.

Hertzberger, H. (2008). Lessons for Students in Architecture. Rotterdam: 010 Publishers.

Higgins, S., Hall, E., Wall, K., Woolner, P., & McCaughey, C. (2005). The Impact of School Environments: A literature review. Design Council, January, 47. http://128.240.233.197/cflat/news/DCReport.pdf

Lackney, J. A. (2000). Thirty-three educational design principles for schools & community learning centers. ERIC Clearinghouse, 1–36.

Mohanan, K. P. (2002). Principles of Effective Learning Environments. New York: Educational Press.

Nair, P., & Fielding, R. (2005). The Language of School Design: Design Patterns for 21st Century Schools. DesignShare, Inc.

Neufert, E. (2000). Architects' Data (3rd Edition). Oxford: Blackwell Science.

Prince, M. (2004). Does Active Learning Work? A Review of the Research. Journal of Engineering Education, 93(3), 223–231.

Retnoningsih, E. (2020). Tata Kelola Sekolah Efektif Menuju Sekolah yang Berkualitas. https://edarxiv.org/ade2g/

Tanner, C. K. (2008). Explaining relationships among student outcomes and the school’s physical environment. Journal of Advanced Academics, 19(3), 444–471.




DOI: https://doi.org/10.24167/tesa.v23i1.13133

ISSN 1410-6094 (Print) | ISSN 2460-6367 (Media Online) | View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.