KAJIAN ARSITEKTUR UNIVERSAL PADA BANGUNAN MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL BINAA BOARDING SCHOOL (Universal Architecture Study of Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Binaa Boarding School)
Abstract
Manusia merupakan makhluk sosial yang melakukan berbagai macam aktivitas, seperti aktivitas sosial, ekonomi, politik, hingga pendidikan. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilakukan di dalam ataupun luar bangunan. Bangunan yang digunakan perlu dapat memfasilitasi seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, suatu bangunan perlu menerapkan arsitektur universal dalam konsepnya. Arsitektur universal memiliki tujuh prinsip dasar, yaitu kesetaraan penggunaan, fleksibilitas dalam penggunaan, penggunaan yang sederhana dan intuitif, informasi yang jelas, toleransi terhadap kesalahan, upaya fisik yang rendah, dan ukuran dan ruang untuk pendekatan pengguna. Al Binaa Boarding School dipilih karena terdapat bangunan pendidikan untuk anak sekolah dasar dan untuk melihat bagaimana penerapan prinsip arsitektur universal. Metode penelitian dilakukan dengan cara kualitatif deskriptif, hal ini agar mendapatkan hasil yang akurat dengan cara pendekatan secara langsung ke studi penelitian. Dari hasil yang didapatkan Madrasah Ibtidaiyah Al Binaa Boarding School cukup menerapkan beberapa prinsip arsitektur universal seperti penyediaan jalur pedestrian dan koridor yang baik, ukuran bukaan seperti pintu yang sesuai dengan standar bukaan, sirkulasi yang baik pada bangunan, informasi ruang, dan elevasi lantai yang rendah. Namun penerapan prinsip lain perlu ditambahkan, misalnya penyediaan jalur ramp diseluruh bangunan dan penggunaan guiding block pada jalur pedestrian dan koridor bangunan. Hal ini agar dapat meningkatkan kualitas fasilitas demi kenyamanan dan keamanan pengguna.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
’Syafe’i, I. (2017). Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61.
Ainia, W., Martati, B., & Rahayu, A. P. (2021). Analisis Metode Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Tahfidzhul Anak Usia Dini (Taud
Saqu) Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 21–35.
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/6232
Farida, N. (2008). METODE PENELITIAN KUALITATIF dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Vol. 1, Issue 1).
ITB, P. S. A. S. (n.d.). Manual Desain Bangunan Aksesibel.
Kementerian Agama. (2020). Peraturan Menteri Agama Republik IndonesiaNomor 30 Tahun 2020 TentangPendirian Dan
Penyelenggaraanpesantren.
Komariah, N. (2016). PONDOK PESANTREN SEBAGAI ROLE MODEL PENDIDIKAN BERBASIS FULL DAY SCHOOL. Hikmah: Jurnal
Pendidikan Islam, 5(2), 221–240.
Makinudin, I., Anisa, A., & Satwikasari, A. F. (2018). Penerapan Konsep Arsitektur Universal Pada Desain Pusat Rehabilitasi Penyakit
Langka Di Tangerang Selatan. PURWARUPA Jurnal Arsitektur, 2(1), 67–74.
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/purwarupa/article/view/2905
Mubarak, Z., & Aqli, W. (2021). Penerapan Konsep Arsitektur Universal Pada Pusat Hiburan Dunia Fantasi. PURWARUPA Jurnal
Arsitektur, 5(1), 9–14.
Pemerintah Indonesia. (2017). PERMEN PUPR NO. 14 TAHUN 2017 TENTANG PERSYARATAN KEMUDAHAN BANGUNAN GEDUNG.
Putra, A. Y. C. A. (2021). Kajian Konsep Desain Universal Pada Bangunan Boarding School Studi Kasus Pondok Pesantren Ar Risalah
Cariu Bogor. Purwarupa Jurnal Arsitektur, 5(2), 33–40.
Salsabilla, A. S., Mauliani, L., & Nur’aini, R. D. (2019). Penerapan Konsep Arsitektur Universal Pada Desain Sekolah Dasar Aisyiyah Di
Jakarta Utara. Jurnal Arsitektur Purwarupa, 3(1), 71–80. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/purwarupa/article/view/2689
Sanjaya, R., Harahap, R. M., & Gambiro, H. (2019). Studi Penerapan Desain Universal Pada Masjid Manarul Amal Kampus Meruya Di
Universitas Mercu Buana Jakarta Barat. Narada : Jurnal Desain Dan Seni, 6(3), 339. https://doi.org/10.22441/narada.2019.v6.i3.001
YANTI, I. P. (2018). Implementasi Universal Design Pada Fasilitas Pendidikan Tinggi. Jurnal Arsitektur Dan Perencanaan (JUARA), 1(2),
–239. https://doi.org/10.31101/juara.v1i2.780
DOI: https://doi.org/10.24167/tesa.v22i1.11426
ISSN 1410-6094 (Print) | ISSN 2460-6367 (Media Online) | View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.