EFEKTIVITAS PELATIHAN ENTREPRENEURSHIP SKILL UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENJADI ENTREPRENEUR
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelatihan entrepreneurship skill untuk mengembangkan minat entrepreneurship siswa SMP Karangturi. Subyek pelatihan ini adalah siswa SMP Karangturi dengan jumlah sebanyak 25 siswa. Peneliti menggunakan populasi yang tersedia dengan desain pretest-posttest control group design. Minat entrepreneurship diukur dengan menggunakan skala. Dengan analisis uji t diperoleh hasil t = 4.434 dan p < 0.01 maka terdapat perbedaan signifikan. Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan minat entrepreneurship antara kelompok eksperiemen dan kelompok kontrol sesudah mengikuti pelatihan entrepreneurship skill. Kelompok eksperimen memperoleh skor yang lebih tinggi dari pada kelompok eksperimen, yang mempunyai arti bahwa pelatihan entrepreneurship mempunyai efektifitas untuk meningkatkan minat entrepreneurship.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditia, R.P.2012. Faktor-Faktor Penentu Minat Mahasiswa Manajemen Untuk Berwirausaha. Jurnal Manajemen, Volume 01, No.1
Alma, B. 2009. Kewirausahaan: untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung:Penerbit Alfabeta
Andi, R.A.G. 2014. Evaluasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan Dengan Model Context Input Process Product,Jurnal Ilmiah Widya Vol.2 No.2 Mei-Juli
Anwar, M; Supardi; Sugiharto, DYP.2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Bioenterpreneurship Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Ilmiah Dan Minat Berwirausaha Siswa. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 1
Ciputra. 2011. Ciputra Quantum Leap 2: Kenapa dan Bagaimana Entrepreneurship Mengubah Masa Depan Bangsa dan Masa Depan Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Costa, F.J.D,; Soares, A.A.C.; Bonfim, D.G., 2009. Factors of Influence on The Entrepreneurial Interest: An Analysis With Students of Information Technology Related Courses. Journal of Information Systems and Technology Management Vol. 6, No. 2
Chumdari. 2007. Pengaruh Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dan Pembelajaran Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Ditinjau Dari Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa PGSD FKIP UNS Surakarta, Varia Pendidikan, Vol.2, No. 1, Juni
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats