PENGARUH METODE CANTOL ROUDHOH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TK B DI PAUD TERPADU LAB BELIA SEMARANG

Galuh Kartika, M. Sih Setija Utami, Cicilia Tanti Utami

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode cantol roudhoh terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak TK B di PAUD terpadu lab belia Semarang. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah anak TK B dengan rentang usia 5-7 tahun. Subyek dalam penelitian berjumlah 12 anak yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok ekperimen dan kelompok kontrol.

Penelitian ini menggunakan metode quasi ekperimen dengan desain pretest-postes control group design. Terdapat dua kelompok yaitu kelompok ekperimen dan kelompopk kontrol. Analisis dalam penelitian ini menggunakan U Mann Whitney test. Analisis U Mann Whitney diperoleh hasil score pretest membaca permulaan pada kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dengan nilai Z=-1,152 dan nilai p=0,250 (p>0,05). Sedangkan analisis U Mann Whitney diperoleh hasil score posttest membaca permulaan kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dengan nilai z=-3,083 dan nilai p=0,002 (p<0,05). Maka dinyatakan bahwa ada pengaruh signifikan antara score pretest dengan Postest membaca permulaan kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Maka dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan score membaca permulaan pada kelompok ekperimen yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol, sehingga dapat dikemukakan bahwa kemampuan membaca permulaan pada kelompok yang mendapat metode cantol roudhoh mendapat nilai lebih tinggi dibanding dengan tidak menggunakan metode cantol roudhoh.

Kata kunci : membaca permulaan, metode Cantol Roudhoh, Taman Kanak-kanak

Save to Mendeley

Keywords


membaca permulaan, metode Cantol Roudhoh, Taman Kanak-kanak

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak usia Dini, 2011, Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman kanak-kanak, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal, KementrianPendidikanNasional.

Doman, G., dan Doman, J. 2005.How To Teach Your Baby To Read : Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca (Alih Bahasa: Grace Satyadi). Jakarta: Tigaraksa Satria

Hainstock, E. G. 2002.Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka Delaprasta

Kennedy.E, Dunphy, E, dkk. 2012. Literacy in Early Childhood and Primary Education (3-8 years) Commissioned research report. The University of Sheffield.

Kulup, I,L. 2008. Pembelajaran Membaca Pada Anak Usia Dini. Jurnal Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas PGRI Adi Buma Surabaya.lulukik@unipasby.ac.id

Mardiani, Y. 2011. Pengaruh Metode Cantol Roudhoh terhadap Kemampuan Menyimak dan Membaca Anak usia Dini. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. Repository. upi. edu

Nurhasanah, E dan Kusnandar, Y. 2007. Penuntun penggunaan metode cantol roudhoh. Bandung : Mumtaz agency

Pressley, M. 2001. Effective Beginning Reading Instruction : A Paper Commissioned by The National reading Conference. University of Notre Dame.

Suyanto, S. 2005. Dasar dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats