BIMBINGAN BELAJAR EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh layanan bimbingan belajar efektif terhadap kebiasaan belajar siswa kelas VII. Hipotesis yang digunakan adalah bimbingan belajar efektif dalam meningkatkan kebiasaan belajar siswa kelas VII. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa dengan kriteria subjek rentan tidak naik kelas. Treatment yang diberikan berupa bimbingan belajar untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa, alat pengumpul data berupa skala kebiasaan belajar. Desain penelitian adalah post test only control group design.
Dari hasil analisis diperoleh nilai t = 8,521, dan nilai probabilitas sebesar 0,000 d = 0,01, dengan demikian hasil perhitungan data penelitian signifikan. Maka hipotesis penelitian diterima yaitu bimbingan belajar efektif berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa kelas VII.
Kata kunci : Bimbingan belajar efektif, Kebiasaan Belajar
Save to MendeleyKeywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, dan Widodo, S. 1998,Psikologi Pendidikan, Jakarta : CV. Raja Grafika Persada.
Abu, A. dan Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Aluja, A. and Blanch, A., Socialized Personality, Scholastic Aptitudes,Study Habits, and Academic Achievement: Exploring the Link Universitat de Lleida,Catalonia, Spain
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, edisirevisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Crede, M. and Kuncel, N.R.. 2008, Study Habits, Skills, and Attitudes,The Third Pillar Supporting Collegiate Academic Performance, Jurnal 1University at Albany, SUNY, and 2 University of Minnesota.
Depdikbud. 1995. Seri pemandu pelaksanaan bimbingan konselingdi SLTP. Jakarta.
Djamarah syaiful Bahri. 2008, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta : Rineka Cipta.
Gunarsa, Singgih D. 1995.Psikologi perkembangan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Holstein, Herman. 1986 , Murid Belajar Mandiri, Penterjemah Suparno, Bandung.
Remaja Karya Nana Syaodih Sukmadinata. 2006, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Rosdakarya
Dr. Muhammad S., Dr. Muhammad Bashir,Dr. Muhammad Naemullah Khan,and Dr. Muhammad Saeed Khan.2009, Studyorientation of high andlowacademic achievers at secondarylevel in Pakistan, Educational Research and Review Vol. 4, pp.204-207, April, 2009, Availableonline athttp:// www.academicjournals.org/ERR ISSN 1990- 3839 2009Academic Journals.
Soekidjo, N. 2005.Metodologi penelitian kesehatan edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta
______. 2010.Metodologi penelitian kesehatan edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Ruben Gentry. 2012, Making college a success by assessing and navigating candidates study habits, Research in Higher Education Journal, Making College a Success, Page 1, Jackson State University.
Riwidikdo, Handoko. (2009).Statistik untuk penelitian kesehatan dengan aplikasi program R dan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Rihana.
Sabri, L., & Hastono, P.S. (2009).Statistik kesehatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 1998. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta. Rineka Cipta
Sarlito Wirawan Sarwono. 1982, Pengantar Ilmu Psikologi, Penerbit Bulan Bintang, Jakarta.
Shabbir Ahmad Rana Rukhsana Kausar. 2006, Comparison of Study Habits and Academic Performance of Pakistani British and White British Students, GC University, Lahore Punjab University, Lahore.
Sumarwiyah, 2009, Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Belajar terhadap Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar, Jurnal Sosial dan Budaya, Vol.2 No.2 Juni, ISSN : 1979-6889
Sumadi Suryabrata. (1987), Psikologi Pendidikan, Penerbit Rajawali, Jakarta.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparno, A. Suhaenah. (2001), Membangun Kompetensi Belajar, Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Sukardi, Dewa ketut. (2000). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Syaiful, B. (2002). Psikologi belajar. Jakarta ; PT. Rineka Cipta.
Syamsudin Makmun. (2003), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatannya, Bandung : Rosdakarya.
Syah, Muhibin. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tantowi, Ahmad. (2005), Psikologi Pendidikan. PT Angkasa Bandung
Tuu, s, Tulus. (2004). Prilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Gramedia.
Wasty Soemanto. (1984), Psikologi Pendidikan, Penerbit Aksara Baru, Jakarta.
_________(1987). Psikologi Pengajaran, Penerbit PT. Gramedia, Jakarta.
Wentzel, K.R. 2010. Social Relationship and Motivasional in Middle School: The Role of Parents, Teachers, and Peers. Journal of Educational Psychology.
Winkel, W.S. (1996). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Surabaya: Gramedia.
Withherington, Carl, 1985.Psikologi Pendidikan, Terj. Bukhori,Bandung: Jemmers
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats