BIMBINGAN BELAJAR EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VII

Ignatius Gemilau Ragil Prasetya, Rachmat Djati Winarno, Praharesti Eriany

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh layanan bimbingan belajar efektif terhadap kebiasaan belajar siswa kelas VII. Hipotesis yang digunakan adalah bimbingan belajar efektif dalam meningkatkan kebiasaan belajar siswa kelas VII. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa dengan kriteria subjek rentan tidak naik kelas. Treatment yang diberikan berupa bimbingan belajar untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa, alat pengumpul data berupa skala kebiasaan belajar. Desain penelitian adalah post test only control group design.

Dari hasil analisis diperoleh nilai t = 8,521, dan nilai probabilitas sebesar 0,000 d = 0,01, dengan demikian hasil perhitungan data penelitian signifikan. Maka hipotesis penelitian diterima yaitu bimbingan belajar efektif berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa kelas VII.

Kata kunci : Bimbingan belajar efektif, Kebiasaan Belajar

Save to Mendeley

Keywords


Bimbingan belajar efektif, Kebiasaan Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, dan Widodo, S. 1998,Psikologi Pendidikan, Jakarta : CV. Raja Grafika Persada.

Abu, A. dan Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Aluja, A. and Blanch, A., Socialized Personality, Scholastic Aptitudes,Study Habits, and Academic Achievement: Exploring the Link Universitat de Lleida,Catalonia, Spain

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, edisirevisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Crede, M. and Kuncel, N.R.. 2008, Study Habits, Skills, and Attitudes,The Third Pillar Supporting Collegiate Academic Performance, Jurnal 1University at Albany, SUNY, and 2 University of Minnesota.

Depdikbud. 1995. Seri pemandu pelaksanaan bimbingan konselingdi SLTP. Jakarta.

Djamarah syaiful Bahri. 2008, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Gunarsa, Singgih D. 1995.Psikologi perkembangan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Holstein, Herman. 1986 , Murid Belajar Mandiri, Penterjemah Suparno, Bandung.

Remaja Karya Nana Syaodih Sukmadinata. 2006, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Rosdakarya

Dr. Muhammad S., Dr. Muhammad Bashir,Dr. Muhammad Naemullah Khan,and Dr. Muhammad Saeed Khan.2009, Studyorientation of high andlowacademic achievers at secondarylevel in Pakistan, Educational Research and Review Vol. 4, pp.204-207, April, 2009, Availableonline athttp:// www.academicjournals.org/ERR ISSN 1990- 3839 2009Academic Journals.

Soekidjo, N. 2005.Metodologi penelitian kesehatan edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta

______. 2010.Metodologi penelitian kesehatan edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Ruben Gentry. 2012, Making college a success by assessing and navigating candidates study habits, Research in Higher Education Journal, Making College a Success, Page 1, Jackson State University.

Riwidikdo, Handoko. (2009).Statistik untuk penelitian kesehatan dengan aplikasi program R dan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Rihana.

Sabri, L., & Hastono, P.S. (2009).Statistik kesehatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 1998. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta. Rineka Cipta

Sarlito Wirawan Sarwono. 1982, Pengantar Ilmu Psikologi, Penerbit Bulan Bintang, Jakarta.

Shabbir Ahmad Rana Rukhsana Kausar. 2006, Comparison of Study Habits and Academic Performance of Pakistani British and White British Students, GC University, Lahore Punjab University, Lahore.

Sumarwiyah, 2009, Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Belajar terhadap Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar, Jurnal Sosial dan Budaya, Vol.2 No.2 Juni, ISSN : 1979-6889

Sumadi Suryabrata. (1987), Psikologi Pendidikan, Penerbit Rajawali, Jakarta.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suparno, A. Suhaenah. (2001), Membangun Kompetensi Belajar, Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Sukardi, Dewa ketut. (2000). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful, B. (2002). Psikologi belajar. Jakarta ; PT. Rineka Cipta.

Syamsudin Makmun. (2003), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatannya, Bandung : Rosdakarya.

Syah, Muhibin. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tantowi, Ahmad. (2005), Psikologi Pendidikan. PT Angkasa Bandung

Tuu, s, Tulus. (2004). Prilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Gramedia.

Wasty Soemanto. (1984), Psikologi Pendidikan, Penerbit Aksara Baru, Jakarta.

_________(1987). Psikologi Pengajaran, Penerbit PT. Gramedia, Jakarta.

Wentzel, K.R. 2010. Social Relationship and Motivasional in Middle School: The Role of Parents, Teachers, and Peers. Journal of Educational Psychology.

Winkel, W.S. (1996). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Surabaya: Gramedia.

Withherington, Carl, 1985.Psikologi Pendidikan, Terj. Bukhori,Bandung: Jemmers


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats