KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR: SEBUAH TELAAH LITERATUR
Abstract
Kepribadian seseorang berkembang seiring dengan proses pendidikan yang dijalani., baik itu pendidikan formal ataupun pendidikan non formal, namun pada praktiknya pendidikan selama bertahun-tahun hanya berfocus membicarakan tentang kebijakan dan kurikulum sehingga sering mengabaikan kualitas individu. Kecerdasan emosional bermanfaat dalam proses belajar mengajar dikelas, pengembangan psikoevaluasi siswa, menumbuhkan motivasi akademik, mempengaruhi prestasi akademik dan meningkatkan kesejahteran guru secara psikologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti dengan tinjauan literature tentang bagaimana peran kecerdasan emosioanal guru dan siswa dalam praktik pendidikan. Metode analisis yang digunakan dengan merangkum sumber jurnal dari data base EBSCO, e-resources perpusnas RI, google scholar dan ProQuest tahun 2015-2022 dengan kata kunci Emotional Intelligence AND Education. Hasil dari penelusuran di data base ditemukan lebih dari 20 artikel/jurnal dengan kata kunci tersebut setelah direduksi didapatkan 10 jurnal yang dianggap paling sesuai . Hasil studi menemukan bahwa kecerdasan emosional sebagai suatu kemampuan untuk mengakses dan menghasilkan perasaan yang dapat memfasilitasi sebuah pemikiran ( prestasi akademik, motivasi akademik, dan melindungi guru dari kelelahan secara emosinal terhadap pekerjaannya). Akhirnya hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan di dunia pendidikan dalam merancang tujuan serta program baik untuk guru maupun siswa
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24167/praxis.v8i1.14238
View My Stats | ISSN 2622-9137 (media online)



