Pengembangan Kemampuan Pengurus dan Anggota Koperasi Lokapita Kota Semarang Dalam Mempertahankan Usaha Di Masa Pandemi
Abstract
Para pengrajin sulampita di Kota Semarang bergabung dan membentuk koperasi dengan nama Koperasi Lokapita. Penjualan hasil kerajinan sulampita menurun selama pandemi covid-19 karena kesempatan untuk memasarkan produknya melalui pameran, bazaar, car free day, dan lain-lain tidak ada. Para anggota koperasi secara pribadi mencoba memasarkan produknya melalui media sosial, namun banyak yang tidak bertahan karena mengalami kesulitan dan kendala dalam pemasaran online. Kegiatan pengabdian ini dimaksudkan untuk membantu pengurus dan anggota koperasi untuk tetap bertahan. Kegiatan mencakup pemberian motivasi, pelatihan pemasaran online, dan pelatihan pembukuan berdasar aplikasi kepada pengurus dan anggota Koperasi Lokapita. Peserta mengikuti pelatihan dengan baik dan dipraktekkan melalui pendampingan sehingga memberikan hasil yang menggembirakan, yaitu meningkatnya motivasi pengurus dan anggota Koperasi Lokapita untuk tetap kreatif dan produktif di masa pandemi dan penjualan yang mulai meningkat.
Keywords
koperasi lokapita; pembukuan berdasar aplikasi; pemasaran online
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24167/patria.v4i1.3669
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
View My Stats | ISSN 2656-5455 (media online)