PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY UNTUK MAHASISWA ARSITEKTUR TAHUN PERTAMA Berbasis Praktik Penggunaan Software Enscape for Sketchup
Abstract
Virtual Reality (VR) berkembang sangat pesat dan menjadi teknologi yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Manfaatnya di bidang arsitektur mencakup aspek yang luas, mulai dari desain dan pengembangan, presentasi dan komunikasi, pembelajaran dan pelatihan, hingga evaluasi dan pengujian. Calon arsitek masa depan penting untuk dapat mengenal bagaimana konsep kerja VR, mempraktekkan dan mengintegrasikan pemanfaatan teknologi ini dalam proses perancangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran teknologi VR yang cocok untuk mahasiswa arsitektur tahun pertama. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan sebuah studi kasus, evaluasi terhadap pemanfaatan software Enscape for Sketchup sebagai alat bantu dalam pembelajaran VR dilakukan dengan melibatkan 172 mahasiswa sebagai responden. Dokumentasi hasil pekerjaan 33 kelompok dianalisis untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan teknologi VR untuk presentasi arsitektural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan pemahaman atas konsep kerja VR dan kebermanfaatannya dalam mempresentasikan ruang dan desain arsitektur secara lebih efektif, efisien, realistis dan interaktif. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran berikutnya, seperti masalah teknis, kecukupan waktu untuk mengeksplorasi, serta keterbatasan hardware komputer yang digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24167/joda.v2i2.10122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JoDA Journal of Digital Architecture | e-ISSN: 2798-6896 | View My Stats