PEMANFAATAN MEDIA MULTIMEDIA SEBAGAI PENYAMPAIAN INFORMASI JURNALISTIK DI MEDIA ONLINE KUMPARAN

Adimas Abram Gusti Prasetyo

Abstract


Kebutuhan manusia akan informasi yang tinggi, serta perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang, mendorong terbentuknya media baru, yaitu media online yang memanfaatkan internet untuk menyebarkan informasi. Dengan munculnya media baru tersebut mengakibatkan terjadinya pergeseran media lama ke media baru, media online muncul karena penggunaan social media yang semakin banyak digunakan masyarakat. Hal ini dimanfaatkan media online untuk menyebarkan informasi dengan memanfaatkan media sosial, akses internet yang semakin terjangkau oleh siapa saja, juga menjadi faktor pendorong transisi media lama ke media baru ini, bahkan bermunculan media online baru. Kumparan merupakan media baru yang berdiri pada Januari 2017, Kumparan hadir dengan misi yang unggul dalam bercerita. Dengan menggabungkan elemen-elemen multimedia seperti text, graphic, picture, slide shows, dan audio. Elemen multimedia ini dipilih karena dalam mengirimkan informasinya dinilai lebih efektif, dan meminimalisir miskomunikasi dalam menyampaikan informasi. Maka dari itu dalam penelitian ini akan membahas bagaimana pemanfaatan media multimedia ­dalam penyampaian informasi jurnalistik di media online Kumparan. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif.


Keywords


Jurnalistik; Media Online; Multimedia

Full Text:

PDF

References


Asep Syamsul M. Romli. (2008). Kamus Jurnalistik. Simbiosa Rekatama Media.

Asep Syamsul M. Romli. (2012). Jurnalistik Online : Panduan Praktis Mengelola Media Online. Nuansa.

Burhan Bungin. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Prenadamedia.

Deviani, B., Susanto, E. H., & Djunaidi, A. (2018). Pemanfaatan YouTube dalam Berkomunikasi dengan Khalayak (Studi Kasus Rapper Young Lex). Koneksi, 1(1), 28–32. https://doi.org/10.24912/kn.v1i1.1342

Djam’an Satori Aan Komariah. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Haris Herdiansyah. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Salemba Humanika.

Haris Sumadiria. (2008). Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Simbiosa Rekatama Media.

Indah Suryawati. (2011). Pengantar Jurnalistik: Teori dan Praktek. Ghalia Indonesia.

Moleong Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Randy Krum. (2013). Cool Infographics: Effective communication with data visualization and design. Wiley Publisher.

Rey G Rosales. (2006). The Elements of Journalism. iUniverse.

Rosady Ruslan. (2003). Metode Penelitian PR dan Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Werner J Severin. & James W. Tankard. (2011). Teori Komunikasi Sejarah, Metode dan Terapan di dalam Media Massa edisi kelima (5 ed.). Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v3i2.5582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats